Menteri Susi Dorong Freeport Kembangkan Nelayan Timika

220

MITRAKITANEWS.COM, Timika – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti mendorong PT Freeport Indonesia berperan mengembangkan nelayan, khususnya masyarakat Suku Kamoro di Kabupaten Mimika.

Pasca moratorium Kementerian Kelautan dan Perikanan, perairan Indonesia bersih dari kapal nelayan asing. Dampaknya, ketersediaan sumber daya perikanan di laut, termasuk di Laut Arafuru melimpah di setiap kampung atau di setiap 30 kilometer disiapkan ice flake (pabrik es) berkapasitas 1,5 ton.

“Harganya juga tidak mahal, hanya 400 sampai 500 juta, sudah diinstal di wilayah para nelayan dan disiapkan cold storage,” kata Menteri Susi, saat menghadiri Peluncuran Program Budidaya Kepiting PTFI di Mile Point 10.

Menurut Menteri Susi, Freeport tak cukup hanya berperan dalam budidaya kepiting bakau atau karaka dengan metode crab ball. Freeport sebaiknya ikut mengembangkan nelayan-nelayan menanagkap ikan dan udang yang saat ini sumber dayanya melimpah di Laut Arafuru.

“Saya yakin seluruh pemuda Kamoro turun pun tidak akan menghabiskan sumber daya itu. Kalau perlu pemuda Amungme ikut turun,” kata Menteri Susi.

Menurut Menteri Susi, Kabupaten Mimika mestinya mampu menyiapkan sumber protein bagi wilayah lain di Papua, terutama wilayah pegunungan. Karena potensi perikanan Kabupaten Mimika sangat mencukupi untuk hal itu.

“Bukan untuk Timika saja, bapak-bapak bisa kirim ke Wamena, karena atas sangat membutuhkan protein,” tegas Menteri Susi. (And)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
1
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...