Korupsi RS di Tanjungbalai Rugikan Negara 1 Miliar Lebih, Mantan Kadis PU Ditangkap

360

MITRAKITANEWS.COM, Tanjungbalai – Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tanjungbalai, ZA, ditangkap oleh Tim Khusus dari Kejaksaan Negeri Tanjungbalai dari persembunyiannya terkait kasus dugaan korupsi pembangunan lanjutan RSU tipe C di Tanjungbalai.

Kepala Kejaksanan Negeri Tanjungbalai – Asahan, Zullikar Tanjung, didampingi Kasi Intelijen Hardiansyah, SH. MH, Senin, mengatakan, tersangka ZA ditangkap oleh Tim Khusus Kejaksaan di rumah mertuanya di Jalan Anggur, Kelurahan Pantai Johor, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Minggu (01/04/2018) sekira pukul 15.30 WIB. ZA ditangkap setelah sekian lama melarikan diri sejak dirinya ditetapkan sebagai tersangka.

“Tersangka berhasil ditangkap tim gabungan Pidana Khusus dan Intelijen Kejaksaan Negeri Tanjungbalai dari rumah mertuanya. Sejak enam bulan lalu, tersangka sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena tidak kooperatif dan tidak pernah hadir saat dipanggil,” ujar Kajari Tanjungbalai, Zullikar Tanjung dalam keterangan persnya didampingi Kasi Intel Hardiansyah dan Kasi Pidsus Ranu Wijaya.

Dalam Konferensi pers itu, Kajari menjelaskan, ZA yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan lanjutan Rumah Sakit Umum (RSU) tipe C di Jalan Kartini Kecamatan Datuk Bandar, berbiaya Rp 3,5 Miliar tahun anggaran 2015, dimana dalam pelaksanaannnya diduga mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 1,1 Miliar.

Masih menurut Zullikar Tanjung, SH,MH, selanjutnya terhadap tersangka masih akan dilakukan pemeriksaan lanjutan selama dua puluh hari kedepan, terhitung dari tanggal 02 hingga 21 April 2018. Untuk itu, katanya, tersangka saat ini sudah dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Pulau Simardan, Kota Tanjungbalai.

“Jika terbukti, bisa dijerat dengan pasal 2 dan pasal 3 dari Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara,” ujar Kajari Zullikar Tanjung.

Untuk diketahui, terkait kasus dugaan korupsi pembangunan lanjutan RSU tipe C ini, Kajari Tanjungbalai sudah lebih dahulu menahan tersangka berinisial D, yang merupakan Direktur PT Care Indonusa selaku rekanan yang melaksanakan pekerjaan. Dan saat ini, D sedang mengikuti proses persidangan di peradilan tindak pidana korupsi di Medan, Sumatera Utara. (SM)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
1
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
1
sad
Sedih
1
angry
Marah
1
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...