Warning: A non-numeric value encountered in /home/u6541325/public_html/mitrakitanews.com/wp-content/plugins/wp-smushit-pro/lib/class-wp-smush.php on line 1880

Kongres Umat Islam Sumatera Utara Terlaksana dan Hasilkan 4 Point Penting

218

MITRAKITANEWS.COM, Medan – Kongres umat Islam Sumatera Utara yang berlangsung tiga hari yang dimulai dari hari Jumat hingga Minggu (30 Maret s/d 1 April 2018) di Asrama Haji Medan yang berlokasi di Jalan A.H.Nasution, Medan.

Kongres Umat Islam Sumatera Utara yang merupakan pertama di Sumut ini dihadiri ribuan umat Islam dan juga ormas Islam se-Indonesia.

Pada acara ini hadir pula sejumlah tokoh nasional seperti Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra dan Prof. Dr. Amin Rais yang menjadi penarik acara tersebut.

Kongres ini mengangkat tema “Penguatan Ukhuwah, Peran Politik dan Sosial Ekonomi Umat Islam Untuk Menyelamatkan NKRI”.

Ketua panitia, Masri Sitanggang mengatakan kongres ini sudah lama direncanakan, namun baru dapat terealisasi sekarang.

Masri juga mengatakan, Kongres Umat Islam adalah mampu mempersatukan dan mengilhamkan nilai-nilai Islam di kalangan umat Islam di Sumut untuk menyelamatkan NKRI.

“Terbangunnya kesamaan persepsi di kalangan umat Islam di Sumut, khususnya para pimpinan ormas Islam, para intelektual dan aktivis pergerakan Islam tentang perlunya penguatan kesatuan umat, peran politik, sosial ekonomi untuk menyelamat NKRI,” jelas Masri di Asrama Haji Medan.

Adapun Narasumber yang lain ikut juga datang yakni, Dr. Ir. H. Masri Sitanggang; Ketua MUI Sumut Prof. Dr. H. Abdulah Syah MA; Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra; Prof. Dr. Amien Rais; Ketua PW Al- Wasliyah Prof. Saiful Akhiyar Lubis MA; Dr H Hasim Purba; Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen; Dr. Achyar Zein MA; Dr. Rizal Ramli; Dr. Rini Indahwati; Dr. Bachtiar Chamsyah; dan Prof. Hasan Bakti.

Acara ini berlangsung ramai dan teriakan ketika Yusril Ihza Mahendra dan Amien Rais naik ke atas panggung.
Pada pembukaan acara tersebut, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Ustaz Darwin Hasibuan.

Dalam sambutannya, Amien Rais mengatakan Islam boleh berpolitik karena politik merupakan bagian kehidupan.

“Siapa bilang islam tidak boleh berpolitik, politik bagian dari kehidupan kita, ini tugas ke agama, apapun itu, baik bupati, walikota, gubernur, presiden menjadi tanggung jawab kita,” imbuh Amien Rais.

Sementara Yusril Ihza Mahendra ketika memberikan kata sambutan mengatakan, Kongres Umat Islam harus menyasar ke sejumlah persoalan penting dan mendasar.

Kongres yang berakhir pada hari Minggu (01/04/2018) menghasilkan empat poin penting. Hal ini disampaikan oleh Masri Sitanggang selaku pimpinan sidang sekaligus ketua panitia.

Masri mengatakan empat poin tersebut adalah memperkuat ukhuwah, memperkuat peran politik umat Islam, memperkuat sosial ekonomi umat Islam, dan memperkuat peran wanita Islam. (SalS)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
2
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...