Warning: A non-numeric value encountered in /home/u6541325/public_html/mitrakitanews.com/wp-content/plugins/wp-smushit-pro/lib/class-wp-smush.php on line 1880

GOWA Sumut Laporkan BUMDes Sehati Ke Kejari Kisaran

391

MITRAKITANEWS.COM, Asahan – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Govermant Watch Sumatera Utara (LSM GOWA Sumut), Satriawan Guntur Zass, SH, melaporkan BUMDes Sehati yang berada di Desa Pembangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan ke Kejaksaan Negeri Asahan, Kisaran.

Laporan terkait dugaan penyelewengan dana simpan pinjam yang dikelola oleh BUMDes Sehati Desa Pembangunan, Kecamatan Sei Kepayang.

“Kita sudah buat laporan terkait penyelewengan dana tersebut dengan nomor 066/LP/DPP–GSU/IV/2018 dengan ditandatangani oleh saya sendiri Satsriawan Guntur Zass, SH,” ungkap Ketua Umum GOWA Sumut ini kepada awak media, Sabtu (15/04/2018).

Guntur juga mengatakan usaha simpan pinjam yang dikelola BUMDes ini bersumber dari dana desa dan pihak BUMDes tidak dapat menjelaskan kemana aliran dana yang mereka kelola selama ini.

“Mereka (BUMDes Sehati), tidak dapat menjelaskan aliran dananya, dan perlu kita ketahui, usaha simpan pinjam yang dikelola BUMDes Sehati ini berasal dari Dana Desa. Dan bukan hanya itu saja, pihak BUMDes juga telah mendapatkan bantuan dana dari PT. Inti Palm Sumatera (PT. IPS) sebesar Rp 50 juta,” cetus Guntur.

Guntur juga mengkritisi manajemen BUMDes yang mengindikasikan adanya praktek KKN dalam pengelolaannya.

“BUMDes Sehati tersebut juga dipimpin oleh istri Kepala Desa Pembangunan, Luciana Sitanggang, yang didirikan pada tahun 2016 lalu” bebernya.

Berdasarkan informasi, BUMDes Sehati diawali mengelola Dana Desa dari Desa Perbaungan, Dusun X, Sei Kepayang, dengan kucuran dana pada tahun 2016 sebesar Rp 153 juta dan di tahun 2017 sebesar Rp 181 juta.

Dari hasil investigasi GOWA Sumut, banyak masyarakat yang tidak mengetahui berapa besar dana simpan pinjam dan kemana disalurkan dana tersebut.

Sementara itu Kepala Desa Pembangunan saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, tidak mengangkat telepon dan melalui pesan Whatsapp juga tidak memberikan tanggapan apapun mengenai hal tersebut, ia hanya membaca pesan yang diterimanya.(AdP)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
1
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...