Pertemuan Bersejarah, Dua Pimpinan Korea Sepakat Mengakhiri Perang ‘Denuklirisasi’

181

MITRAKITANEWS.COM – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sepakat mengakhiri perang dan memulai “era baru perdamaian”  kesepakatan itu terjadi setelah dua pimpinan korea bertemu di Zona demileterisasi di desa Panjunmon, Korea Selatan, Jumat (27/04/2018) pagi.

Kim dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in mengatakan mereka telah melakukan pembicaraan “tulus, jujur” dan akan melakukan segala daya mereka untuk denuklirisasi di wilayah tersebut, ditulis Usetoday.

“Korea Selatan dan Utara setuju untuk sepenuhnya menghentikan semua tindakan bermusuhan satu sama lain di setiap wilayah, termasuk tanah, udara dan laut, yang merupakan sumber ketegangan dan konflik militer,” kata pernyataan bersama.

Kedua pimpinan negara itu mengatakan, mereka akan mengubah zona demiliterisasi yang memisahkan mereka sejak 1953 menjadi “zona damai” dan akan mengakhiri tindakan provokatif seperti pengeras suara propaganda di sepanjang garis demarkasi militer.

Mereka juga berjanji untuk meningkatkan hubungan antar-Korea dan menghubungkan kembali hubungan darah rakyat melalui langkah-langkah seperti kerja sama ekonomi dan memulai kembali program reuni keluarga guna mempertemukan keluarga yang terpisah. (HS)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...