Kementerian Kelautan dan Perikanan Canangkan “GEMASATUKATA” di Tanjungbalai

201

MITRAKITANES.COM, Tanjungbalai – Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mutu dan keamanan produk perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), menyelenggarakan Bulan Bakti Karantina dan Mutu hasil perikanan 2018 di Kota Tanjungbalai.

Kegiatan tahun ini mengusung tema “Melalui GEMASATUKATA (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina), Kita Wujudkan Penyediaan Pangan Sehat untuk Peningkatan Gizi Masyarakat”, yang dilaksanakan di Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) seluruh Indonesia.

Kepala BKIPM Rina, mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mengatakan kegiatan ini bertujuaan memberikan pemahaman yang tepat, mengenai ragam potensi sumber daya perikanan untuk dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing wilayah, demi mendukung daya saing hasil perikanan di Pasar Global.

”Pada era perdagangan bebas ini dibutuhkan jaminan kesehatan, mutu dan keamanan hasil perikanan, karena ini merupakan faktor penentu dalam memenangkan persaingan pasar,” ujar, Rina, Kamis (26/04/2018).

Menurutnya dengan menjaga standar kesehatan, mutu dan keamanan hasil perikanan, sehingga diterima di pasar internasional, dapat memberi kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Stasiun KIPM Tanjungbalai-Asahan, Sondang Sitorus, selaku Ketua Panitia, mengatakan dilaksanakannya kegiatan ini atas instruksi Presiden, dirinya berharap dengan kegiatan ini, masyarakat bisa hidup sehat dengan membiasakan mengkonsumsi ikan yang bermutu.

“Kepada masyarakat kami imbau untuk menjaga mutu dan keamanan hasil perikanan, sehingga ikan yang kita makan terjaga mutunya, sehingga masyarakat menjadi sehat,” ucap Sondang,

Dirinya mengatakan acara peluncuran Bulan Bakti Karantina dan Mutu ini dimulai dengan kegiatan sunatan massal, donor darah, santunan bagi anak yatim piatu, lomba melukis tingkat Sekolah, pembagian ikan segar dan kegiatan lainya yang dapat mempererat hubungan Karantina Ikan Tanjungbalai-Asahan dengan masyarakat sekitar.

Sondang menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk menjaga kelestarian laut dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik  dan tidak membuang sampah di laut. (SM)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
1
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...