Mengerikan, Polisi Florida Gunakan Jari Mayat Buka Kunci Smartphone

217

MITRAKITANEWS.COM – Merupakan hal yang biasa terjadi jika penyidik kepolisian dalam mencari alat bukti yang tersimpan dalam smartphone dengan meminta si pemilik ponsel untuk membuka kunci ponsel dengan sidik jari mereka. Namun sungguh aneh, jika itu terjadi dengan seseorang yang sudah meninggal.

Langkah para penyidik yang tidak biasa itu terjadi di Largo, Florida. Seorang penyidik kepolisian setempat mendatangi rumah Linus Philip (30) korban penembakan seorang perwira polisi yang telah tewas beberapa hari lalu. Hal itu dilakukan dikarenakan Enkripsi yang kuat pada smartphone membuat penyidik kepolisian sangat kesulitan untuk mengakses data yang tersimpan di dalam ponsel tersebut.

Para penyidik itu mencoba menggunakan jari Philip untuk membuka kunci smartphone miliknya, namun sayang upaya yang dilakukan penyidik tersebut tidak berhasil. Akibatnya kini penyidik kepolisian Florida mendapat banyak kritikan atas tindakan tersebut.

Apa yang telah dilakukan penyidik kini mendapat protes dari berbagai kalangan, mereka menilai bahwa tindakan penyidik kepolisian dengan mendatangi mayat untuk menggunakan jarinya membuka ponsel miliknya sangatlah aneh dan sangat meresahkan.

Hal itu diutarakan seorang profesor hukum dari Universitas Colorado, Balke Reid.

“Ini terasa sangat aneh, polisi mengambil orang yang sudah meninggal, untuk membuka kunci telepon miliknya,” ujar Balke Reid kepada kantor berita Ars.

Penyidik kepolisian itu juga mendapat protes dari pengacara khusus yang membidangi masalah hukum privasi informasi di Florida, Abraham Rein, ia melihat taktik polisi dalam menangani kasus ini menjadi “menjijikkan”.

“Apa yang dilakukan penyidik kepolisian itu terasa sangat menyeramkan,” ungkapnya.

Kasus ini terjadi di kota Florida pada hari Jumat (30/04/2018) bermula dari surat yang dikeluarkan oleh kantor pengacara negara yang mana dalam surat itu Philip Linus (30) dicurigai secara ilegal memiliki kaca jendela yang gelap pada sedan Nissan hitam miliknya.

Didasari surat tersebut, aparat polisi Largo melakukan pengejaran dan berhasil menggiring sedan Nissan yang dikemudikan Philip ke dalam stasiun pom bensin.

Petugas kepolisian Florida berhasil menemukan narkoba dari dalam mobil Nissan miliknya.

Saat penyidik polisi sedang melakukan introgasi, tiba-tiba Philip berusaha melarikan diri. Saat itu juga salah seorang perwira kepolisian Florida melepaskan tembakan hingga menewaskan Philip Linus. (HS)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...