Warning: A non-numeric value encountered in /home/u6541325/public_html/mitrakitanews.com/wp-content/plugins/wp-smushit-pro/lib/class-wp-smush.php on line 1880

PMII Cabang DIY Bantah Terlibat Melakukan Pembakaran Pos Polisi

275

MITRAKITANEWS.COM, Yogyakarta – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMII DIY) bantah ikut terlibat massa aksi unjuk rasa pada peringatan hari buruh (May Day) yang terjadi di pertigaan Kampus UIN Sunan Kalijaga, Jalan Laksda Adisucipto, Yogyakarta, Selasa (01/05/2018).

Informasi yang beredar, masyarakat menuding bahwa aksi unjuk rasa dengan melakukan vandalisme dan pembakaran pos polisi dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dan kader PMII DIY.

Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri pada saat wawancara kepada wartawan menegaskan bahwa massa unjuk rasa yang melakukan pembakaran pos polisi bukan dilakukan mahasiswa UIN.

“Massa aksi yang berada di pertigaan UIN Sunan Kalijaga yang telah melakukan vandalisme dan pembakaran pos polisi bukanlah mahasiswa UIN,” tegas Kapolda Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Terpisah, ketua cabang PMII DIY, Faizi Zain dalam keterangannya kepada MitrakitaNEWS, menyikapi issu yang beredar di masyarakat bahwa yang melakukan vandalisme dan pembakaran pos polisi adalah kader PMII merupakan fitnah.

“Dari apa yang disampaikan Kapolda sudah jelas, bahwa PMII tidak terlibat di aksi itu,” Ujar Faizi.

“Saya telah berkoordinasi dan mengumpulkan seluruh kader, tudingan bahwa PMII terlibat adalah fitnah terhadap PMII khususnya PMII DIY, saya tegaskan sekali lagi, Kader PMII tidak terlibat sama sekali,” ujar Faizi zain.

Sebelumnya telah terjadi kericuhan pada aksi unjuk rasa peringatan hari buruh, kejadian berawal dari salah seorang melemparkan molotov ke dalam pos, akibatnya pecahan botol tersebut hampir mengenai salah satu warga yang sedang melihat aksi demonstrasi tersebut. Warga yang geram langsung melakukan pengejaran terhadap  masa aksi dan terjadilah aksi saling lempar batu.

Masa aksi yang terdesak lalu berlari  ke dalam kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Warga pun turut melakukan pengejaran hingga masuk ke dalam kampus.

Polisi pun terpaksa melepaskan tembakan guna memisah kedua massa yang sedang bentrok, dari kejadian itu pihak kepolisian berhasil mengamankan sejumlah peserta aksi unjuk rasa, sampai berita ini diturunkan pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan. (Kho)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...