Warning: A non-numeric value encountered in /home/u6541325/public_html/mitrakitanews.com/wp-content/plugins/wp-smushit-pro/lib/class-wp-smush.php on line 1880

Poldasu Tetapkan Empat Tersangka Tenggelamnya KM Sinar Bangun

428

MITRAKITANEWS.COM, Sumatera Utara – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) menetapkan empat tersangka dalam kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam Press Release pada hari Senin (25/6/2018) yang digelar di Mapolda Sumut.

Keempat tersangka tersebut antara lain, Poltak Soritua Sagala (Nahkoda kapal dan sekaligus pemilik kapal), Karnilan Sitanggang (anggota Kapos Pelabuhan Simanindo), Golpa F. Putra (Kapos Pelabuhan Simanindo), Rihad Sitanggang (Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Perairan).

Modus dari pada tersangka dalam melayarkan kapal tersebut untuk mencari keuntungan dengan memuat penumpang melebihi Tonase / jumlah penumpang (45 orang) sesuai dengan surat kelengkapan pengangkutan. Selain itu, KM. Sinar Bangun berlayar tanpa memiliki surat persetujuan berlayar, melayarkan kapal tidak laik laut serta mengoperasikan kapal tanpa memenuhi persyaratan keselamatan dan keamanan pelayaran sehingga mengakibatkan matinya orang (penumpang).

Dari hasil penyidikan, pihak Kepolisian menyita barang bukti berupa 45 Blok Karcis Retribusi masuk pelabuhan senilai Rp. 500,- yang telah digunakan, 48 Blok Retribusi Pemeliharaan Dermaga (Roda Dua) senilai Rp. 500, yang telah digunakan, dan Photo copy dokumen kelengkapan Kapal KM. Sinar Bangun 4 No. 117.

Para tersangka dijerat pasal berlapis yaitu Pasal 302 dan atau 303 UU Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran Jo pasal 359 KUHPidana ( Dengan pidana kurungan selama 10 tahun dan denda sebesar Rp 1,5 Miliar) Jo pasal 359 KUHPidana (Penjara selama-lamanya 5 tahun).

Diberitakan sebelumnya, KM Sinar Bangun jurusan Simanindo menuju Tigaras tenggelam di perairan Danau Toba pada Senin (18/6/2018) yang menyebabkan ratusan penumpang hilang. Belum diketahui secara pasti jumlah penumpang KM Sinar Bangun karena tidak adanya manifes penumpang, namun tim gabungan masih tetap berupaya mencari korban hilang dan bangkai kapal yang tenggelam. Sampai saat ini, Rabu (27/6/2018), telah ditemukan 22 orang korban, tiga diantaranya meninggal dunia. (TIM)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...