Hasil Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Batubara, Zahir-Oky Unggul

164

MITRAKITANEWS.COM, Batubara – Berdasarkan rapat pleno terbuka penetapan hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batubara tahun 2018 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batubara, Kamis (5/7/2018), pasangan calon nomor urut 3, Zahir – Oky Iqbal Frima unggul dengan perolehan 73.078 suara. Sedangkan pasangan Darwis-Janmat Sembiring menempati posisi kedua dengan perolehan 61.514 suara, RM Harry Nugroho – M Syafii 31.053 suara dan Khairil Anwar – Sofyan Alwi memperoleh 9.195 suara.

Selain hasil penghitungan suara Bupati dan Wakil Bupati Batubara, rekapitulasi hasil penghitungan suara Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pasangan Edy Rahmayadi – Musa Rajekshah unggul dengan perolehan 124.911 suara. Sedangkan pasangan Djarot Saifullah – Sihar Sitorus memperoleh 49.252 suara.

Dalam rapat pleno itu diwarnai sejumlah koreksi (perubahan) terkait data pemilih dalam DPTb/KTP-el/surat keterangan (Model A.Tb-KWK) dan data pemilih dalam DPPh (Model A4-KWK) terjadi di Kecamatan Air Putih, Kecamatan Tanjung Tiram dan Kecamatan Talawi. Namun kesalahan data tersebut tidak mempengaruhi/merubah hasil perolehan suara bagi pasangan calon.

Di dalam ketentuan PKPU itu sudah diatur tentang rekapitulasi perolehan suara. Apabila ditemukan kesalahan dalam penginputan data diperbolehkan untuk dilakukan perbaikan. Hal itu dituangkan dalam formulir DB 2 (kejadian khusus),” kata Divisi Humas KPU Batubara Taufik Abdi Hidayat.

Taufik mengatakan, perbaikan data yang dilakukan pada tingkat Kabupaten tetap akan disampaikan ke tingkat Provinsi. Perbaikan data itu tidak mempengaruhi/merubah hasil perolehan suara seluruh pasangan calon.

Selain itu, Taufik juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sampai saat ini dapat menjaga ketentraman pilkada sehingga situasi di Kabupaten Batubara tetap berjalan aman dan kondusif.

Sedangkan tingkat partisipasi pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batubara tidak sesuai target yang telah ditetapkan KPU Batubara.

KPU Batubara menargetkan tingkat partisipasi dalam pemilih pada pilkada Batubara sebesar 80 %. Sedangkan tingkat partisipasi hanya 64,48 %. Tetapi dibandingkan pilkada 2013, tingkat partisipasi mengalami kenaikan. (EvYS)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...