Semarak Pembukaan Asian Games 2018

79

MITRAKITANEWS.COM, Jakarta – Perhelatan Asian Games 2018 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (18/8/2018) yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dalam sambutannya, presiden Joko Widodo yang hadir didampingi istri, Iriana, mengatakan masyarakat Indonesia bangga dan merasa terhormat atas kedatangan tamu dari 45 negara se-Asia yang menjadi peserta Asian Games 2018.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan pesan-pesan persatuan dalam sambutannya.

“Kita bangsa se-Asia, kita bersaudara dan bersatu. Kita ingin meraih prestasi terbaik,” katanya.

Sebelum menutup kata sambutannya, Presiden Joko Widodo membuka perhelatan pesta olahraga se-Asia itu.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Asian Games 2018 dibuka,” ujar Jokowi.

Selain Presiden Jokowi, tampak hadir pimpinan negara peserta, Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Seikh Fahad Al-Sabah, Menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara, Anggota DPR RI, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erik Tohir dan para tamu undangan kehormatan.

Pembukaan Asian Games 2018 ini turut dimeriahkan sembilan atlet legendaris yaitu Susi Susanti peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 cabang Bulutangkis sebagai penyala api Asian di kaldron yang berbentuk replika gunung pada acara puncak.

Selanjutnya, delapan atlet lainnya sebagai pembawa bendera OCA yaitu Lely Sampoerna atlet menembak peraih perak Asian Games 1962 di Jakarta, Suharyadi petenis peraih emas Asian Games 1990 Beijing, Sri Indriyani atlet angkat besi peraih perunggu Olimpiade 2000 Sidney, Chandra Wijaya peraih emas bulutangkis Olimpiade 2000 Sidney, Lilis Handayani atlet panahan peraih perak pada Olimpiade 1988 Seoul, Markis Kido peraih emas bulutangkis Olimpiade 2008 Beijing, Kusuma Wardhani atlet panahan peraih perak Olimpiade 1988 Seoul, dan Christian Hadinata pebulutangkis peraih emas Asian Games 1978 Bangkok.

Meskipun harga tiket pembukaan Asian Games 2018 ini dibanderol dengan harga Rp 750 ribu hingga Rp 5 juta, tidak menyurutkan antusias masyarakat untuk menyaksikan. Hal ini terlihat dengan padatnya SUGBK pada malam pembukaan Asian Games. (TIM)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...