PC PMII DIY Laksanakan Pelantikan Dan Diskusi Publik Dengan Tema Kepemimpinan Nasional

236

MITRAKITANEWS.COM, Yogyakarta – Pelantikan Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta yang dihelat di Omah PMII Jogja, Rabu (12/9/2018) mengangkat tema PMII dan Kepemimpinan Nasional.

Tema ini dipilih sebagai sebuah peneguhan dan semangat dalam mewujudkan figur-figur mapan dari PMII D.I. Yogyakarta untuk menjaga bangsa dan paham ahlussunnah wal jama’ah ala an-Nahdiyyah dalam ranah nasional. Hal tersebut disampaikan oleh moderator, Bagas Mulyanto saat memimpin jalannya diskusi publik.

Menurut KH Hilmy Muhammad, “Syarat dan karakteristik pemimpin itu ada dua, pertama harus memiliki integritas dan kedua profesionalitas. Integritas berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan kebijakan, nilai-nilai moral, metode-metode berpikir, ukuran-ukuran pandangan maslahah, prinsip-prinsip ideologi dan ekspektasi-ekspektasi kreatif dan berbagai hal yang dihasilkan bagi semua pemimpin. Sedangkan profesionalitas suatu proses menuju kepada perwujudan dan peningkatan pemimpin dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan”, mengawali pembukaan diskusi, selaku pemateri pertama.

Mengenai implementasi kebijakan yang mengukuhkan ideologi Pancasila dalam menggapai persatuan bangsa, “Kita wajib berpikir bahwa NKRI harga mati dan ideologi Pancasila sebagai gagasan pembangunan semangat kebangsaan itu sudah final. Tradisi-tradisi regionalitas yang sebenarnya dasar pergerakan ukhuwah masyarakat, yang berabad-abad, harus kita rawat sedemikian rupa,” lanjut KH Umarudin Masdar selaku pemateri kedua yang akrab disapa oleh kader-kader PMII DIY dengan sebutan mas Umar.

Makna kepemimpinan nasional yang diinginkan dalam diskusi publik selain mengembalikan marwah PMII DIY sebagai barometer pergerakan nasional juga penyebaran inovasi untuk cabang-cabang seluruh Indonesia.

Grand design ini disepakati oleh semua Pengurus Cabang PMII DIY yang baru saja dilantik oleh sahabat Sabola Al-Kalambi, sekjen Pengurus Besar PMII untuk memperlihatkan PMII DIY yang berkarakter kreatif, inovatif dan produktif. (Lutfan Abden)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...