Warning: A non-numeric value encountered in /home/u6541325/public_html/mitrakitanews.com/wp-content/plugins/wp-smushit-pro/lib/class-wp-smush.php on line 1880

Rujukan Sistem Online Permudah Layanan BPJS Kesehatan

270

MITRAKITANEWS.COM – Asahan : Guna memudahkan pasien mendapatkan kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan pada fasilitas kesehatan, Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan inovasi baru, yaitu Sistem Rujukan Online, program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

 

Sistem Rujukan Online diciptakan untuk mengikuti perkembangan era digital dengan cara melakukan simplifikasi terhadap pelayanan kesehatan Peserta JKN-KIS pada aplikasi P-Care milik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang menjadi mitra BPJS Kesehatan.

 

Salah satu FKTP dari total 60 FKTP mitra di Kabupaten Asahan, yang telah menerapkan Sistem Rujukan Online adalah Dokter Praktik Perorangan (DPP) Lobianna Nadeak, yang telah berdiri sejak tahun 1999 dan bergabung menjadi mitra BPJS Kesehatan sejak tahun 2015.

 

Dokter yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran tersebut, mengaku bahwa banyak manfaat yang dirasakan oleh peserta dengan mengimplementasikan rujukan online.

“Sebelumnya pasien lama menunggu bahkan ada yang sampai 1 jam untuk cetak rujukan, sekarang kalau mau kita rujuk, ya kita tinggal catat data peserta, karena kami di sini tinggal entry datanya saja, dan besoknya peserta bisa langsung ke RS rujukannya.,” ungkap Lobiana di tempat praktiknya, Kisaran, Kabupaten Asahan.

Lobianna pun merasakan manfaat rujukan online, karena dapat menghemat tenaga dan biaya.“Tenaga pegawai disini tidak repot cetak rujukan lagi, jadi bisa fokus merawat pasien,” sebut Lobianna.

Pada kesempatan itu, Lobianna juga membagikan pengalamannya tentang rujukan online ini kepada sesama FKTP maupun Rumah Sakit. “Intinya baru satu bulan, manfaat rujukan online ini sudah terasa untuk kami, semoga BPJS Kesehatan tetap bisa mempertahankan,” tutupnya. (SM)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...