Pemerintah Usul Rp 3 Triliun Dana Kelurahan Tahun 2019

201

MITRAKITANEWS.COM, Jakarta – Pemerintah telah menyampaikan usulan anggaran kelurahan ke Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI untuk masuk kedalam postur APBN 2019. Nilai yang diusulkan oleh Pemerintah sebesar Rp 3 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam penjelasannya mengatakan, dana kelurahan tersebut berasal dari pengurangan dana desa. Sebelumnya, alokasi dana desa diusulkan Rp 73 triliun untuk tahun 2019, dipangkas menjadi Rp 70 triliun.

Menkeu juga menjelaskan, konsep dana kelurahan berbeda dengan alokasi dana desa. Dia mengatakan, dana disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dana kelurahan ini kan prosesnya beda, karena masuk lewat APBD di Dana Alokasi Umum (DAU). Kalau dana desa posnya sendiri, ya dana desa,” terang Sri Mulyani di Banggar DPR RI pada hari Senin (15/10/2018).

Di dalam usulannya, Pemerintah akan memberikan dana kelurahan khusus kepada daerah yang kapasitas fiskalnya terbatas. Usulan ini masih akan dibahas di DPR.

“Sedang dibahas mengenai mekanismenya, bagaimana masuk ke masing-masing APBD. Bagaimana di tetap terfokuskan untuk kelurahan tersebut agar tidak tercampur dengan DAU lainnya,” terang Sri Mulyani. (TIM)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...