Kominfo Himbau Untuk Tidak Sebarkan Info Hoaks Terkait Musibah JT 610

80

MITRAKITANEWS.COM, Jakarta – Melalui Siaran Pers No. 289/HM/KOMINFO/10/2018 tanggal 29 Oktober 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi hoax melalui media sosial terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Hal ini dilakukan karena banyaknya warga net mengunggah atau menyebarkan informasi simpang siur yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Di dalam siaran pers itu, ada empat poin yang disampaikan oleh Kominfo. Pada poin pertama, Kominfo menyampaikan belasungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta – Pangkal Pinang pada hari Senin (29/10/2018) pagi.

Di poin kedua, Kominfo menghimbau kepada warga net untuk tidak menyebarkan informasi hoax ataupun informasi yang bukan berasal dari sumber berwenang terkait musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Pada poin ketiga, Kominfo meminta kepada warga net untuk tidak menyebarkan foto-foto korban dari musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Kominfo menegaskan pada poin keempat bahwa setiap aktivitas di ruang siber (cyber space), termasuk aktivitas mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya informasi hoaks telah diatur dalam UU RI No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). (PrTIM)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...