Pastikan KIS Terdistribusi, BPJS Kesehatan Tanjungbalai Blusukan ke Desa-desa

49

MITRAKITANEWS.COM – Tanjungbalai : Untuk pastikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah didistribusikan oleh pihak ketiga kepada Peserta Penerima Bantuan Iuran – Jaminan Kesehatan (PBI-JK), BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai blusukan melakukan spot check sampai ke desa-desa di wilayah kerja Cabang Tanjungbalai yaitu Kabupaten Batu Bara, Asahan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Kota Tanjungbalai.

Selain memastikan KIS bagi peserta PBI-JK telah terdistribusi, kegiatan spot check juga bertujuan untuk memastikan data yang tertera di KIS telah sesuai dengan Kartu Tanda penduduk peserta dan memastikan setiap peserta hanya memiliki satu KIS, karena apabila double maka salah satu kartu akan ditarik.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Maulina Hutajulu mengatakan penarikan KIS dilakukan jika peserta dinyatakan oleh ahli warisnya telah meninggal dunia dengan disertai surat keterangan kematian atau bukti lain.

Dirinya mengatakan target spot check untuk wilayah Kerja Cabang Tanjungbalai, sebanyak 1.300 Kepala Keluarga (KK), hingga saat ini telah dilakukan spot check sebanyak 1.229 KK dan hasilnya peserta telah menerima KIS.

“Sisa target spot check akan diselesaikan sampai dengan pertengahan bulan Nopember tahun ini,” ucapnya pada Rabu (07/11).

Kepala Desa Perkebunan Suka Raja, Edy Yusman, bersama kepala dusun serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dari Dinas Sosial yang berperan memberikan edukasi kepada masyarakat, mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam melakukan kunjungan pada desanya tersebut.

“Kita senang BPJS Kesehatan mau datang ke dusun kami ini, jadi masyarakat tau hak-haknya dan kewajibannya (dalam pemanfaatan KIS),” tuturnya.

Kunjungan kali ini diprioritaskan pada kelurahan/desa dan Kepala Keluarga (KK) yang belum pernah dikunjungi atau KK yang sudah pernah dikunjungi oleh BPJS Kesehatan.

Salah satu warga, Kati, merasa sangat terbantu dengan kunjungan lapangan oleh BPJS Kesehatan. “Kalau turun (ke lapangan) kayak gini kan kita jadi paham tentang BPJS (JKN-KIS) tanpa harus ke kantornya. Kami yang dipelosok ini bisa tanya langsung (tentang Program JKN-KIS) ke pegawai (BPJS Kesehatan),” ungkap Ibu muda tersebut. (SM)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...