Tak Sanggup Bayar Uang Sekolah, Azizah Dikembalikan Ke Orang Tuanya

147

MITRAKITANEWS.COM, Batubara – Keputusan Kepala SMK T. Amir Hamzah Indrapura Kabupaten Batubara M. Yakup untuk mengembalikan Azizah kepada orang tuanya dikarenakan tidak sanggup membayar SPP, dikecam berbagai pihak. Pasalnya, disaat gencar-gencar nya pemerintah untuk mengalokasikan APBN ke bidang Pendidikan malah tercoreng atas sikap Kepala Sekolah SMK T. Amir Hamzah tersebut.

Azizah yang merupakan salah seorang siswi SMK T. Amir Hamzah Indrapura itu selain dikeluarkan dari sekolah, menurut Hermansyah (50), orang tua Azizah, anaknya juga sempat dipermalukan didepan teman-temannya dengan mengumumkan bahwa anaknya ( Azizah-Red) dikeluarkan dari sekolah karena tidak sanggup membayar SPP.

”Saya sangat tidak terima anak saya diperlakukan seperti itu, malu sekali kami sekeluarga pak,” ungkapnya sedih kepada MitrakitaNEWS, Jumat (21/12/2018) di kediamannya.

Salah satu kecaman atas kejadian tersebut datang dari Sekretaris Umum DPN LBRK-RI Feri Pernanda. Dia sangat menyayangkan sikap Kepala Sekolah SMK T. Amir Hamzah yang tega mengeluarkan siswa/i didiknya disaat yang bersangkutan membutuhkan pendidikan.

”Saya pikir sangat tidak pantas seorang pendidik apalagi sekelas Kepala Sekolah mengeluarkan siswanya dikarenakan masalah ekonomi dan tidak sanggup membayar SPP,” sesalnya.

Feri menambahkan, UU no 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan sangat melarang perbuatan tersebut, seperti dipasal 2 bahwa pendidikan harus berdasarkan Pancasila dan UU Dasar 1945 yang berkeadilan. Selain itu, Feri juga menjelaskan bahwa apabila perbuatan Kepala Sekolah SMK T. Amir Hamzah tersebut benar telah mempermalukan Azizah di depan umum maka yang bersangkutan akan berhadapan dengan UU no 35 Tahun 2014 tentang perlindungan Anak.

Kepala Sekolah SMK T. Amir Hamzah M. Yakup ketika dikonfirmasi reporter MitraKitaNEWS membantah semua pernyataan orang tua Azizah. Yakup mengatakan bahwa sudah ada mediasi yang dilakukan, namun orang tua Azizah bersikeras untuk tetap tidak menyekolahkan anaknya di SMK T. Amir Hamzah.

“Tidak benar semua itu pak, sudah kami panggil orang tua nya, malah dia marah-marah dan memaki kami, cemana lagi mau kami buat,” jelasnya.

Yakup juga membantah telah mempermalukan Azizah di depan umum seperti pengakuan Hermansayh ( orang tua Azizah ). ”Wah gak ada itu pak, tak pernah saya buat hal itu,” katanya. (JN)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...