Fungsi LSM Dan Pemerintah Dalam Menjalankan Pembangunan Yang Berkelanjutan

75

MITRAKITANEWS.COM, Batubara – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan organisasi yang didirikan oleh sekelompok orang yang secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum dengan tujuan tidak untuk kepentingannya pribadi, melainkan untuk membantu kesejahteraan masyarakat umum.

LSM mempunyai Sifat Dan karakter non politik inilah yang secara tidak langsung memperlihatkan bahwa LSM merupakan Non Govermental Organization (NGO), yang artinya tidak berpihak kepada siapapun melainkan untuk kepentingan Masyarakat. Namun demikian, LSM tidak juga dapat diartikan anti Pemerintah. Melainkan LSM mempunyai tugas dan fungsi sebagai penyeimbang agar pemerintahan dapat berjalan lurus dan dapat sebagai penyampai aspirasi Masyarakat.

LSM dan pemerintah (negara) merupakan mobilisator yang sama tujuannya yaitu membangun negeri menuju yang lebih baik. LSM cenderung melakukan aksi daripada teori dalam melaksanakan pembangunan negeri. Bersama pemerintah, LSM membangun negeri menuju masa depan yang lebih baik, dan kini LSM dapat disebut sebagai partner-nya pemerintah untuk melaksanakan pembangunan.

Semua paparan tersebut disampaikan Ketua LSM Penegakan Supremasi Hukum dan Pembangunan ( LSM PPSHP ) M. Jami Nasution ST dalam Rapat Harian Pengurus di Kantornya, Jumat (11/1/2019). Selain menyampaikan paparan, Jami juga menekan kan bahwa peran LSM PPSHP didalam mengawal pemerintahan khususnya di Kab Batu Bara harus lah Tegas dan jangan mudah di janjikan sesuatu melainkan untuk kesejahteraan Masyarakat.

”Dalam menjalakan tugas dan fungsi sebagai sosial kontrol, kita harus menjaga indenpedensi kita dan jangan mengenyampingkan kepentingan Masyarakat,” tegasnya.

Ditanya soal adanya dugaan cukong-cukong proyek yang berupaya meraup semua pekerjaan, Jami tidak banyak berkomentar, namun itu salah satu tugas LSM nya di Tahun 2019 ini.

”Kalau itu saya belum tau, namun issu nya sih sudah terdengar. Ya kita lihat saja nanti. Namun saya tugaskan kepada seluruh anggota agar tetap mengawasi issu tersebut dan apabila benar maka harus cepat kita laporkan kepada pihak penegak hukum,” tutupnya. (MS)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...