Konflik Nelayan di Kecamatan Tanjung Tiram, Satu Unit Kapal Pukat Gerandong Dibakar

53

MITRAKITANEWS.COM, Batubara – Kabupaten Batubara kembali digegerkan dengan pembakaran Satu unit Kapal pukat trawl (gerandong) oleh orang tak dikenal (OTK) di Kecamatan Tanjung Tiram, Senin (14/01/2019). Saksi mata yg menyaksikan menyebutkan kapal pukat gerandong dibakar di bagan batak, dan alat tangkap dibawa ke perairan dekat Pos AL tepatnya di depan Pintu Gerbang Pelabuhan BOM lalu dibakar disana. Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa karena ABK kapal pukat gerandong menyelamatkan diri dengan terjun ke laut.

Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang bersama personil segera turun ke TKP bergabung dengan tim Polsek Labuhan Ruku yang telah tiba sebelumnya. Kapolres menjelaskan kronologi pembakaran kapal pukat gerandong yang terjadi hari Senin (14/01/2019) sekira pukul 16.30 wib tepat di perairan laut Tanjung Tiram, saat para nelayan belum kembali kedarat ditemukan satu unit kapal gerandong sedang melakukan operasi menangkap ikan. Diduga para nelayan pukat timbul mendatangi kapal pukat gerandong yang beroperasi di bibir pantai, lalu terjadi kericuhan. Sejumlah awak kapal Gerandong tersebut segera terjun kelaut menyelamatkan diri.

Kapolres Batu Bara, AKBP Robin Simatupang mengatakan, pihak Kepolisian telah berulangkali menghimbau agar pukat gerandong menukar alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Petugas telah mengamankan lokasi kejadian, agar tidak terjadi lagi kerusuhan,” ujar Robin.

Dari aksi pembakaran tersebut, pemilik kapal Gerandong mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Dan sampai berita ini dimuat, pemilik kapal masih enggan memberikan komentar. (JN)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...