Kasus Corona di Sumut Menurun, Gubsu : Sekarang Rumah Sakit Teriak Tidak Ada Pasien

1.042

MitrakitaNEWS | Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyebut kasus Corona di Sumut sudah menurun, sehingga Rumah Sakit (RS) banyak kehilangan pasien.

“Anda bisa merasakan, pada saat itu kita kondisinya sampai 2.047 (orang) terpapar, itu rumah sakit tak cukup. Sekarang rumah sakit teriak tidak ada pasien,” ucap Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Rabu (6/10/2021).

Edy mengatakan kondisi rumah sakit yang mulai kosong ini sudah dapat dirasakan, namun artinya ini merupakan kondisi yang baik.

“Kita sangat bersyukur kepada Tuhan, kondisi kita membaik di level 1, tapi masih ada 12 (daerah) yang di level 2. Ini saya katakan hari ke hari harus semakin baik,” tuturnya.

Untuk menjaga kondisi ini, Edy mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi dan disipln protokol kesehatan (prokes). Edy juga mengatakan vaksinasi akan terus digencarkan untuk meningkatkan imun di kelompok masyarakat.

“Vaksinasi yang ada tidak diizinkan di gudang, TNI, Polri, hari ini jaksa membuka vaksinasi masal. Sama-sama kita untuk menyehatkan rakyat,” katanya.

Edy menyebut stok vaksin di Sumut masih terbatas. Untuk itu, vaksinasi diprioritaskan ke daerah yang tingkat vaksinasi masih rendah.

“Kemarin Kapolda berangkat ke Nias dan Madina. Karena Nias (beberapa waktu yang lalu) masih 7 persen, sekarang dia sudah berada di 16 persen. Kita berharap ini terus sampai 30 persen,” jelasnya.

Edy kemudian mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan untuk rencana pembukaan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) di Bandara Kualanamu. Edy mengatakan akan menyiapkan tempat isolasi bagi warga negara Indonesia ataupun turis asing yang datang.

“Dibuka tanggal 14, SOP sudah kita siapkan, kita pelajari kekurangan masa lalu. SOP sudah ada diketuai Hutagalung sebagai Kasatgas, Kolonel Danrem Pantai Timur, tiap hari rapat,” ucap Edy.

Ia juga mengatakan akan ada delapan tempat isolasi bagi pendatang dan sudah siap digunakan meski masih ada kekurangan.

“Ada delapan tempat, sudah disiapkan semua,” paparnya.

Kedelapan tempat isolasi itu adalah LPMP Sumut, Mes Dinas Pertanian Sumut, BP PAUD Sumut, Hotel Grand Darussalam, Deparis Medan Ville Putra Mulia, Isoter Asrama Haji, RS GL Tobing, dan RS Haji Medan. (SM/Edt01).

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...