Kogana Sumut Beri Pengenalan Dasar Pelatihan Water Rescue

19

MitrakitaNEWS | Medan – Komunitas Siaga Bencana (Kogana) Sumatera Utara (Sumut) memberikan Pengenalan Dasar Pelatihan Water Rescue kepada elemen masyarakat di Sumut.

Pengenalan dasar pelatihan water resccue dan Pelatihan dasar Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang dilaksanakan di Taman Cadika, Jalan Karya Wisata Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pernyataan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi pada apel kesiapsiagaan bencana di Lapangan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo Medan pada hari Senin, (13/9/2021) lalu.

“Pada apel kesiapsiagaan bencana di Lanud Soewondo bulan lalu, Pak Gubsu¬†Edy Rahmayadi¬†mengatakan ada 13 daerah di Sumut yang masuk kelompok risiko tinggi bencana. Pada kesempatan itu, Gubsu meminta semua pihak bersiaga mencegah korban akibat bencana,” ujar Ketua Kogana Sumut, Benny Yudi Purnama di sela pelatihan, Minggu, (10/10/2021).

Oleh sebab itu, lanjut Benny menjelaskan, sebagai tindak lanjut, Kogana ingin berkontribusi dalam penanganan bencana di wilayah Provinsi Sumut.

“Ini bagian dari kontribusi kita untuk penanganan bencana di Sumut. Maka dari itu, kita kerahkan segala potensi yang ada sebagai tindak lanjut dari program gubernur dalam penanggulangan bencana,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Benny, Kogana berkolaborasi dengan Badan Sar Nasional (Basarnas) Kota Medan dan berbagai elemen lainnya mengadakan pelatihan yang hari ini dikhususkan untuk penyelamatan di air (Water Rescue) dan pertolongan pertama gawat darurat.

“Kita tentu tidak ingin terjadi bencana. Tetapi ketika terjadi kita harus siap. Maka dari itu, kami dari komunitas sudah mempersiapkan relawan siaga bencana dari berbagai elemen-elemen yang ada di Sumut. Pelatihan ini bagian dari persiapan kita,” pungkas Benny.

Pelatihan siaga bencana yang diikuti 51 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat di Sumut ini didukung Kepala Kantor Basarnas Kota Medan, Toto Mulyono dan dibuka oleh Jony Supriadi, Kepala Seksi SDM Basarnas Medan serta Kepala Seksi Operasional Zul Indra.

Sedangkan instruktur yang turut memberikan pelatihan di antaranya ialah Adi Pandawa dari Basarnas Kota Medan. (rks)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...