Izin Dicabut, Bagaimana Status Ijazah Alumni ITM? Ini Penjelasan LLDIKTI

613

MitrakitaNEWS | Medan – Mendikbudristek, Nadiem Makarim, mencabut izin Institut Teknologi Medan (ITM) gegara ada dualisme yayasan. Bagaimana status ijazah para alumni ITM usai izinnya dicabut?

“Legalitas ijazahnya tetap diakui,” kata Kepala Humas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara, Abdul Aziz Tambunan, Senin (11/10/2021) dilansir dari laman detikcom.

Aziz memastikan tidak ada diskriminasi terhadap alumni ITM. Para alumni ITM tetap terdaftar sebagai orang yang pernah berkuliah di ITM.

Aziz mempersilakan para alumni ITM yang membutuhkan legalisir ijazah untuk datang ke LLDIKTI. Hal ini sesuai dengan peraturan Mendikbudristek.

“Mekanisme terkait dengan legalisir ataupun fotocopy sesuai asli, bisa ke LLDIKTI. Dasar hukumnya Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang ijazah,” tuturnya.

Terkait mahasiswa yang akan lulus, kata Azis, ijazah akan dikeluarkan oleh pihak pejabat Rektor yang saat ini diisi oleh Kepala LLDIKTI Sumut. Pihaknya berupaya menjamin para mahasiswa ITM yang segera lulus untuk mendapat ijazah.

“Pejabat rektor yang diisi Kepala LLDIKTI dan Sekretaris LLDIKTI yang akan menyelesaikan masalah bagi mahasiswa yang sudah selesai, sudah lulus yang nantinya akan ada penerbitan ijazah maupun wisuda,” jelasnya.

Sebelumnya, Nadiem Makarim mencabut izin pendirian kampus Institut Teknologi Medan (ITM). Izin ini dicabut karena konflik dualisme yayasan yang tidak berkesudahan.

Sebelumnya, pencabutan izin itu tertera dalam surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 438/E/O/2021. Diktum kesatu keputusan ini menyatakan pencabutan izin pembukaan 10 program studi di kampus ITM yang berada di bawah Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna. (det/Edt01)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...