Taksi Terbang Sudah Ada di Indonesia, Rencana Akan Diuji Terbang di Bali

306

MitrakitaNEWS | Jakarta – Taksi terbang EHang 216 sudah berada di showroom Prestige Image Motorcars, Jakarta Utara. Transportasi canggih berteknologi tinggi ini akan diuji coba bulan Oktober 2021 mendatang di Pulau Bali.

Setelah diperkenalkan resmi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, April lalu, taksi terbang EHang 216 akhirnya tiba di Jakarta. Kendaraan masa depan ini akan melakukan uji coba dalam waktu dekat.

“Rencana (uji coba EHang) Oktober di Bali di tempat pak Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI), sementara masih mengurus perizinan terbang dan lain lain,” terang Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim seperti dikutip dari detikOto, Rabu (1/9/2021).

Menurut Rudy, ada alasan khusus, mengapa taksi terbang EHang 216 melakukan uji coba di Pulau Dewata. Faktor utamanya adalah karena Bali dikenal sebagai tempat wisata kelas dunia, sehingga diharapkan efeknya bisa lebih besar.

“Rencananya mau meningkatkan pariwisata Bali juga dengan produk ini, dan impact-nya mungkin bukan hanya nasional tapi internasional kalau nanti ada wisata baru di Bali seperti ini, yang murah dan ramah lingkungan,” sambung Rudy.

Dalam acara uji coba dan peluncuran EHang 216 ini, rencananya akan dihadiri Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Selain itu, pihak Prestige Image Motorcars juga sedang berupaya menghubungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, untuk bisa menghadiri acara ini.

“Yang pasti pak Bamsoet (Bambang Soesatyo) sangat mendukung ini, karena beliau sangat concern dengan energi ramah lingkungan dan mempunyai pola pandang visioner akan teknologi yang dapat memajukan Indonesia, mulai dari mobil listrik sampai heli-listrik ini. Kalau pak Menteri (Sandiaga Uno) sedang kami coba hubungi juga,” jelas Rudy.

Sebagai informasi, taksi terbang yang akan diuji coba Prestige Image Motorcars nanti merupakan tipe EHang 216. EHang 216 memiliki muatan maksimum 220 kg dengan top speed 130 km/jam. Kendaraan ini menggunakan daya listrik 100% untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh emisi. Drone ini dapat diisi hingga 220v atau 380v dalam 1,5 jam waktu pengisian.

EHang 216 memiliki 16 baling-baling dan 8 lengan yang bisa dilipat, sehingga efektif dan menghemat area parkir karena hanya memakan lahan seluas 5 m². EHang 216 bisa menempuh jarak penerbangan 35 km dengan muatan maksimum hanya dalam 21 menit. Adapun ketinggian yang bisa dicapai yakni 3.000 m, dengan spesifikasi tinggi 1,77 m dan lebar 5,61 m. EHang 216 diklaim ideal untuk transportasi modern bagi masyarakat perkotaan.

Selain itu, landasan pacu untuk pendaratan tidak lagi dibutuhkan, karena EHang 216 hanya membutuhkan ruang pendaratan yang sedikit. Oleh karena itu, cocok untuk transportasi di daerah perkotaan yang padat karena sesuai dengan kebutuhan mobilitas udara perkotaan dan berfungsi sebagai cara yang efektif mengurangi tekanan kemacetan lalu lintas saat ini. (det/Edt01)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...