Ini 3 Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Tubuh

109

MitrakitaNEWS | Ragam – Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Hasil dari biji kopi ini yang dijadikan minuman dan diseduh setelah biji kopi disangrai serta dihaluskan menjadi bubuk.

Menurut sejarah, kopi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahkan, nongkrong sambil minum kopi seakan-akan menjadi gaya hidup saat ini.

Meskipun begitu, sebagian orang menganggap kopi bukanlah minuman yang sehat. Kopi juga dinilai minuman yang cukup membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk mengetahui manfaat mengkonsumsi kopi, berikut 3 ulasan yang telah dirangkum MitrakitaNEWS.

1. Membantu Melawan Demensia

Dilansir dari berbagai sumber, Demensia adalah sebuah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental. Sindrom ini umumnya menyerang orang-orang lansia yang berusia di atas 65 tahun.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa ada 24 komponen dalam kopi yang mampu meningkatkan fungsi otak. Dengan cara ini bisa mencegah demensia. Di antara 24 itu adalah kafein.

Kafein yang terkandung dalam kopi juga diyakini memiliki efek positif bagi otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mampu mengurangi resiko depresi.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Telah terbukti bahwa risiko beberapa jenis kanker dapat diturunkan berkat kopi. Kanker usus besar adalah salah satunya. Dikatakan bahwa kopi mengurangi risiko sebesar 26%. Studi yang sama telah menyimpulkan bahwa efek kopi tanpa kafein adalah sama.

Sementara itu, Harvard School of Public Health melalui situsnya menyebutkan bahwa kopi dapat memengaruhi perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel kanker hingga kematiannya. Kandungan kafein dalam kopi disebut dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

3. Membantu Kesehatan Mata

Sejak kecil, kita selalu tahu bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan tingginya vitamin A pada wortel, mampu mengurangi risiko untuk terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula.

Namun, bukan hanya wortel yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Kopi ternyata juga bermanfaat untuk mata anda. Ada beberapa cara di mana kopi dapat membantu menjaga mata anda. Pertama, kopi dipercaya dapat membuat mata anda terlihat lebih baik dengan menghilangkan bengkak dan lingkaran di bawah mata. Cara kerjanya adalah dengan menyempitkan pembuluh darah. Kedua, dengan mengkonsumsi segelas kopi setiap hari, diyakini dapat mengurangi risiko degenerasi retina. Penyakit ini terjadi ketika sel-sel mulai mati dan dapat menyebabkan sensitivitas cahaya, rabun senja atau gangguan penglihatan.

Demikian manfaat kopi bagi tubuh kita. Namun meskipun begitu, sangat tidak disarankan mengkonsumsi kopi secara berlebihan, terutama bagi anda yang mempunyai gangguan pada lambung.

Udah Ngopi Beluuuuum????
Yuk seruput kopinya…!!!

(Red)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...