Warga Tanjungbalai Tuntut Permohonan Maaf Menag Yaqut

403

MitrakitaNEWS | Tanjungbalai – Ribuan umat Islam warga Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut) berunjuk rasa mendatangi kantor DPRD meminta agar Menteri Agama (Menag) Yaqut Qolil Qoumas menyampaikan permohonan maaf atas kekisruhan yang terjadi terkait suara adzan.

“Aksi unjuk rasa ini sebagai bentuk protes atas ungkapan yang dismpaikan oleh Menteri Agama RI beberapa waktu lalu terkait persoalan suara adzan. Kami meminta agar beliau menyampaikan permohonan maafnya,” kata Herman, salah seorang koordinator aksi Selasa (1/3/2022).

Selain menyampaikan ungkapan orasi kekecewaan mereka terkait statement Menag masa aksi juga menginjak-injak spanduk bergambar foto Yaqut Qolil Qoumas di gerbang masuk kantor DPRD Kota Tanjungbalai sebagai ungkapan kekecewaan.

“Ini sebagai bentuk rasa kemarahan dan kekecewaan kami,” kata dia.

Masa yang tergabung dalam Ikatan Muslim Anti Perpecahan (IMAN) ini juga meminta ke beberapa anggota DPRD Tanjungbalai agar menghadirkan perwakilan Kemenag dan MUI Kota Tanjungbalai untuk berdialog namun keinginan tersebut tak terwujud karena tak satupun perwakilan dari keduanya yang hadir.

“Kami masyarakat Tanjungbalai, mengaku sakit hati dengan ungkapan menteri agama Yaqut Qolil Qoumas yang menganalogikan lantunan suara adzan dengan gonggongan anjing,” kata salah seorang pendemo lagi.

Hal itu, menurutnya telah menimbulkan kegaduhan serta sudah tersebar luas di sosial media yang sangat bertolak belakang dengan tugas Menteri agama yang seharusnya menjaga toleransi.

“Hal tersebut bertolak belakang denhan toleransi yang kita anut di NKRI. Sehingga ucapan Yaqut tersebut kami nilai sebagai pemicu perpecahan antar umat beragama,” katanya.

Masa mengancam akan melakukan demo lanjutan yang dilakukan pada Jumat mendatang bila permohonan masa aksi tidak ditanggapi oleh DPRD Tanjungbalai.

Aksi tersebut mendapatkan penjagaan dari aparat Kepolisian. Puas menyampaikan orasinya masa kemudian membubarkan diri dengan tertib. (Perdana)

Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...