GP Ansor Tanjungbalai Cabut Dumas Akun Medsos Hina Menag Yaqut

436

MitrakitaNEWS | Tanjungbalai – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut) mencabut pengaduan masyarakat (Dumas) soal akun media sosial mengunggah meme hinaan kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Keduanya telah menyampaikan permohonan maafnya mengakui kesalahan dan kami akan mencabut laporannya hari ini,” kata Salman Al Hariz Saragih, Ketua GP Ansor Tanjungbalai dikonfirmasi wartawan Rabu (2/3/2022).

Dia mengatakan permohonan maaf itu disampaikan secara tertulis dengan pembubuhan materai diatasnya dan dibacakan langsung oleh dua pemilik akun atas nama TS dan MY pada Selasa (1/3) kemarin di kantor Kemenag disaksikan oleh Kepala Kantor Kemenag dan Ketua Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tanjungbalai.

“Harapan kami dari GP Ansor berharap masyarakat lebih dewasa dan menyaring berita dengan baik, tidak mudah termakan provokasi di media sosial, serta kami meminta masyarakat dapat mengendalikan media sosialnya dengan baik tanpa cuitan penghinaan dan ujaran kebencian,” kata Salman.

Dalam isi surat permohonan maaf tersebut ada tiga poin yang disampaikan TS dan MY diantaranya menyesali perbuatannya, memohon maaf kepada Kemenag dan Menteri Agama RI serta berjanji akan mensosialisasikan surat edaran menteri Agama RI nomor 05 tahun 2022.

Sebelumnya, GP Ansor Kota Tanjungbalai Sumatera Utara (Sumut) mengadukan dua akun media sosial (medsos) terkait dugaan penghinaan berupa ujaran kebencian. Kedua pemilik akun medsos itu diadukan lantaran mengunggah meme hinaan kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Aduan tersebut telah diserahkan ke Polres Tanjungbalai dalam bentuk pengaduan masyarakat (dumas) perihal penghinaan kepada Menteri Agama sebagaimana dilihat wartawan, Jumat (25/2/2022) malam. Aduan tersebut disampaikan oleh Salman Al Hariz Saragih, yang juga merupakan Ketua GP Ansor Tanjungbalai.

“Ada dua akun socmed yang kami adukan dalam bentuk dumas hari ini ke Polres Tanjungbalai dan sudah diterima tadi,” kata Salman kepada wartawan.

Dalam unggahannya, akun TS memposting meme seekor anjing dengan area wajah mirip Yaqut Cholil Qoumas disertai narasi pada gambar. (Perdana)

Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...