Lela Sari : Fikri Thoib Sudah Harumkan Nama Asahan

108

MitrakitaNEWS | Asahan – Fikri Thoib merupakan atlet binaan National Paralympics Committee (NPC) Asahan cabang olahraga (cabor) tenis lapangan kursi roda. Fikri berhasil masuk di ajang ASEAN Para Games XI yang akan diselenggarakan di Kota Solo pada tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Hal tersebut membuat nama Kabupaten Asahan menjadi harum dan dikenal karena prestasi yang diraih Fikri Thoib mewakili Indonesia, sehingga mendapat pujian dari Anggota DPRD Kabupaten Asahan, Lela Sari Sinaga.

“Fikri Thoib adalah warga Asahan yang sudah banggakan bumi Rambate Rata Raya, kita do’akan beliau agar bisa menjuarai ASEAN Para Games XI,” terang Lela Sari yang juga Ketua Umum DPC Demokrat Asahan itu kepada MitrakitaNEWS, Selasa (2/8/2022) di ruang kerjanya.

Wakil rakyat dapil 6 Kabupaten Asahan itu juga mengajak seluruh masyarakat Asahan turut serta mendukung dan memberikan semangat agar atlet yang bertanding terkhusus warga Asahan bisa membawa pulang medali kejuaraan.

“Kemarin kita (Kabupaten Asahan) punya Mila Sapriani, atlet lari yang dapat medali perak di ajang Paragames yang digelar di Bahrain. Kemudian kita punya Agustina Manik, atlet lari yang juga dapat Perak di Sea Games. Dan hari ini kita juga kirim perwakilan atlet di ASEAN Para Games XI mewakili Indonesia. Dan kita berharap dapat membawa pulang medali, maka sepantasnya Pemkab Asahan menambah anggaran untuk pemberdayaan organisasi agar dapat menjaring atlet-atlet yang berpotensi di Kabupaten Asahan,” ujar Lela Sari sembari memberikan semangat.

Untuk diketahui, ASEAN Para Games merupakan Pesta Olahraga Difabel yang diikuti oleh 11 Negara yang ada di Asia Tenggara yang tergabung di Federasi Olahraga Para ASEAN (APSF) yaitu Indonesia, Thailand, Vietnam, Kamboja, Filipina, Malaysia, Myanmar, Singapura, Laos, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Dirangkum dari berbagai sumber, ASEAN Para Games XI merupakan agenda yang tertunda pada tahun 2021. Awalnya, acara multi-olahraga dua tahunan ini akan diselenggarakan di Vietnam, negara tuan rumah 31st SEA Games pada Mei 2022 lalu. Pada saat itu, ASEAN Para Games XI dijadwalkan akan diadakan dari 17 hingga 23 Desember 2021 di Hanoi, namun dibatalkan pada Oktober 2021 setelah diambil keputusan 31st SEA Games ditunda hingga Mei 2022 karena kasus Covid-19 di Vietnam melonjak.

Malaysia dan Indonesia menyatakan kesediaannya untuk menjadi tuan rumah pertandingan tersebut sebagai alternatif dari pembatalan di Vietnam. Pada awal tahun 2022, Indonesia diumumkan sebagai tuan rumah utama ASEAN Para Games XI, yang akan diselenggarakan di Kota Solo pada bulan Juli 2022.

Negara peserta ASEAN Para Games XI 2022 akan menurunkan atlet terbaik mereka diantaranya Indonesia menurunkan 323 atlet, Thailand (303 atlet), Vietnam (119 atlet), Kamboja (112 atlet), Filipina (144 atlet), Malaysia (70 atlet), Myanmar (69 atlet), Singapura (37 atlet), Laos (37 atlet), Timor Leste (15 atlet), dan Brunei Darussalam hanya menurunkan 13 atlet.

Mereka akan bersaing dalam 14 cabang olahraga yakni, blind judo, para-atletik, para-renang, para-tenis meja, para-bulu tangkis, para-catur, bola voli duduk, CP Football, para-angkat berat, para-panahan, boccia, goalball, bola basket kursi roda, dan tenis kursi roda.

Direncanakan, ASEAN Para Games XI 2022 nantinya akan dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Selain Wapres, sejumlah pejabat negara dikabarkan akan hadir, seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (D. Erianda)

Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...