Warning: A non-numeric value encountered in /home/u6541325/public_html/mitrakitanews.com/wp-content/plugins/wp-smushit-pro/lib/class-wp-smush.php on line 1880

Persiapan Hadapi UNBK, Siswa Terpaksa Sewa Laptop

218

MITRAKITANEWS.COM, Asahan – Menjadi sekolah peserta UNBK tidaklah mudah karena segala persiapan harus matang dan fasilitas juga harus lengkap. Syarat untuk bisa mengikuti UNBK (Computer Based Test) harus menggunakan perangkat komputer ataupun laptop yang memadai dan terkoneksi dengan jaringan internet.

Kondisi ini sangat berbeda dengan Ujian Nasional sebelumnya yang berbasis kertas (Paper Based Test), dimana siswa/i hanya cukup menyediakan alat tulis yang sesuai persyaratan.

Keterbatasan beberapa sekolah dalam mempersiapkan fasilitas UNBK tahun 2018 terpaksa membuat siswa mengeluarkan biaya tambahan. Pihak sekolah terpaksa menyewa peralatan untuk pelaksanaan UNBK dan pembiayaan dibebankan ke siswa dan siswi.

Rabu (12/03/2018), MitrakitaNEWS menyambangi salah satu sekolah peserta UNBK, Madrasah Pendidikan Islam (MPI) yang berada di Kecamatan Air Joman untuk mencari tahu kendala-kendala dalam proses UNBK di Kabupaten Asahan.

Wakil Kepala Sekolah MPI Air Joman, Santoso, mengatakan kepada MitrakitaNEWS bahwa MPI Air Joman siap untuk melaksanakan dan mensukseskan UNBK, namun permasalahan tetap terkait fasilitas untuk UNBK sehingga pembiayaan dibebankan ke siswa.

“Untuk pelaksanaan simulasi saja siswa terpaksa harus mengeluarkan biaya 25.000 selama 3 Hari belum lagi dalam pelaksanaan UNBK nanti selama 4 hari siswa terpaksa membayar 200.000 untuk sewa peralatan selama UNBK berlangsung. Sekolah tidak memiliki peralatan yang mendukung untuk UNBK, rencananya siswa disini akan bergabung ke sekolah lain yang juga tidak memiliki fasilitas untuk mengikuti Simulasi dan UNBK agar bisa menghemat biaya,”¬†ujar Santoso

“Namun walaupun demikian, saya optimis dan siap untuk mensukseskan UNBK tahun ini, segala persiapan sudah dilakukan termasuk simulasiyang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Punggulan Kecamatan Air Joman,” lanjut dia.

Sampai berita ini diterbitkan, seluruh sekolah peserta UNBK tingkat SMA/Sederajat di Kabupaten Asahan sudah masuk ke dalam tahap simulasi pelaksanaan UNBK. Simulasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa/i saat menjalankan aplikasi UNBK. Selain itu, simulasi juga bertujuan untuk melihat kendala terhadap jaringan internet ataupun fasilitas UNBK.(IS)

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
like
Bangga
0
love
Senang
0
haha
Terhibur
0
wow
Terkejut
0
sad
Sedih
0
angry
Marah
0
Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...