Besok, DKPP Akan Periksa KPU Kota Tanjungbalai

518

MITRAKITANEWS.COM, Tanjungbalai – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) untuk perkara nomor 155-PKE-DKPP/XI/2020 pada Senin (14/12/2020) pukul 09.00 WIB.

Perkara ini diadukan oleh Hendra Dalimunthe, bakal pasangan calon YUS HENDRA Kota Tanjungbalai. Ia mengadukan Luhut Parlinggoman Siahaan, Bob Friandy, Muhammad Guntur (Ketua dan Anggota KPU Kota Tanjungbalai) selaku Teradu I sampai III.

Baca Juga :
SALWA Puji Kinerja KPUD Tanjungbalai

Pasangan Salwa Unggul Hasil Sementara Real Count KPU di Pilkada Tanjungbalai

Para Teradu dilaporkan atas dugaan tidak profesional dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai penyelenggara pemilihan dan menyampaikan informasi yang tidak akuntabel. Selain itu juga Teradu I s.d III diduga tidak melakukan monitoring dan pembinaan kepada jajaran dibawahnya secara efektif.

loading...

Sesuai ketentuan Pasal 31 ayat (1) dan (2) Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, sidang ini akan dipimpin Anggota DKPP bersama Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga :
Geger, Warga Tanjungbalai Kaget dan tak Terima KTP-nya Dicatut Calon Independen

DKPP Akan Periksa Ketua dan Anggota KPU RI dan KPU Kabupaten Serdang Bedagai

Rencananya, sidang pemeriksaan akan digelar di Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu. Sidang akan dilakukan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Sekretaris DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno mengatakan agenda sidang ini adalah mendengarkan keterangan Pengadu dan Teradu serta Saksi-saksi atau Pihak Terkait yang dihadirkan.

“DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yakni lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” jelas Bernad melalui rilis pers Humas DKPP, Minggu (13/12/2020)

Ia menambahkan, sidang ini juga akan ditayangkan langsung melalui akun media sosial milik DKPP. “Sidang kode etik DKPP bersifat terbuka, artinya masyarakat dan media dapat menyaksikan langsung jalannya sidang pemeriksaan atau melalui live streaming Facebook DKPP, @medsosdkpp dan akun Youtube DKPP,” terangnya.

Baca Juga :
KPU Segera PAW Komisioner di Daerah

Pilkada Tanjungbalai, Salwa Menang di TPS Syahrial Mencoblos

Selain itu, Bernad juga mengungkapkan bahwa DKPP menyiapkan antisipasi penyebaran Covid-19 dalam sidang DKPP, yaitu memfasilitasi tes rapid bagi seluruh pihak yang hadir dalam sidang ini. Tes rapid dilakukan satu jam sebelum sidang dimulai.

“Bagi pihak yang mendapat hasil reaktif, kami wajibkan mengikuti sidang secara virtual di luar ruangan sidang,” tutup Bernad. (Red)

Baca Juga :
DKPP Akan Periksa Ketua dan Anggota KPU RI dan KPU Kabupaten Serdang Bedagai

Istri Wali Kota Tanjungbalai Laporkan Dugaan Pencemaran Nama Baik

Karya Indonesia Minta Bawaslu Tanjungbalai Harus Buktikan Secara Hukum Oknum MN Netral di Pilkada 2020

Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...