Besok, Masjid Al-Istiqamah Lakukan Penyembelihan 16 Ekor Hewan Kurban

168

MITRAKITANEWS.COM, Tidore – Masjid Al-Istiqamah Lingkungan Cobodoe Kelurahan Cobodoe, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara (Malut), di Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini mengumpulkan 16 ekor hewan kurban.

Ketua Badan Kewasdayaan Masyarakat (BKM) Masjid Al-Istiqamah, Samsudin Bajang, ditemui Jumat, (31/7/2020) mengatakan, ada 16 ekor hewan yang akan di kurban atau disembeli besok, Sabtu (1/8/2020), sekitar pukul 08.00 WIT di halaman Masjid Al-Istiqamah. “16 ekor hewan kurban itu terdiri dari 12 ekor sapi, dan 4 ekor kambing,” ungkap Samsudin,

16 ekor hewan kurban itu bersumber dari kelompok arisan. Dan kelompok arisan itu terdiri 8 kelompok maka sapi yang disumbangkan sebanyak 8 ekor sapi.

Sementara, 4 ekor sapi itu bagian dari sumbangan warga lingkungan Cobodoe. 1 ekor, dari keluarga besar Acim, Awis 1 ekor, SMK 3, 1 ekor, kemudian, Man Mahifa 1 ekor.

Sedangkan untuk tambahan 4 ekor kambing itu merupakan sumbangan dari masyarakat lingkungan Cobodoe.

“Di tahun ini untuk hewan kurban kami dari panitia kurban Masjid Al-Istiqamah mengalami peningkatan sebanyak 16 ekor. Beda dengan tahun sebelumnya misalkan, di tahun 2018 hanya 8 ekor, di tahun 2019 11 ekor,” ujarnya.

Untuk pembagian daging hewan kurban diberikan hanya kepada masyarakat lingkungan Cobodoe dan menggunakan kupon. Ia juga menambahkan, bagi masyarakat berada di Cobodoe namun tidak menetap atau tidak mempunyai kartu keluarga (KK) kelurahan Cobodoe kami akan mengusahakan agar semua terbagi.

“Dalam pembagian daging hewan kurban juga akan di lakukan per RT agar kita bisa memastikan semua terbagi di lingkungan Cobodoe,” ujarnya.

Pembagian hewan kurban juga menggunakan protokol kesehatan sehingga masyarakat yang datang mengambil daging hewan kurban bisa mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan.

“Dengan mematuhi protokol kesehatan sehingga kita bisa saling menjaga dan memutuskan mata rantai Covid-19,” tuturnya. (Sukur Lukman)

Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...
error: Content is protected !!