Dandim Turun Ke TKP, Perseteruan Warga Gunung Melayu Dengan Oknum TNI Reda

5.756
MITRAKITANEWS.COM, Labuhanbatu Utara – Perseteruan antara warga Dusun IV A Desa Gunung Melayu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumut dengan sejumlah oknum TNI yang berasal dari salah satu kesatuan di daerah itu akhirnya reda dan saling memaafkan.
Hal itu bisa diredakan setelah Dandim 0209/LB,  Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) Minggu (16/8/2020) dini hari.
Orang nomor satu di Makodim 0209 Labuhanbatu bersama dengan Polisi Militer TNI AD Subdenpom I/1-2 Rantauprapat langsung saja bertemu dengan warga yang semula membakar ban bekas di Jalinsum Dusun IV-A Damuli Palia Desa Gunung Melayu.
Keberadaan perwira menengah ini disambut warga karena ditunggu. Lalu ia memberikan arahan dan meminta warga untuk menghentikan aksinya dan segala sesuatunya diselesaikan dengan damai. Ia juga meminta agar warga menghentikan aksi protes bakar ban di Jalinsum untuk memuluskan akses lalu lintas.
Dikatakannya, terkait dengan perusakan beberapa rumah warga oleh sejumlah oknum TNI kita  selesaikan dengan sebaik-baiknya dan ke depannya saya jamin tidak terjadi.
Keberadaannya langsung mengkondunsipkan keamanan dan atas permintaannya pada pertemuan Minggu dini hari kemaren sekira pukul 03.00 WIB membuahkan hasil dan antara warga dengan oknum TNI saling memaafkan.
Kepala Desa Gunung Melayu, Syaiful Anwar Tanjung yang ikut dalam pertemuan saat ditanya, menyebutkan, kehadiran Dandim telah mengkondusifkan situasi.
“Kondisi di desa yang dipimpinnya sudah kondusif seperti sedia kala. Kita ucapkan terima kasih kepada Dandim yang langsung turun dan menenangkan situasi,” ujar Kades Tanjung.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terjadi persetetuan antara warga Dusun IV Damuli Palia Desa Gunung Melayu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utata  dengan oknum TNI yang bertugas disalah satu kesatuan di daerah itu pecah, Sabtu  (15/8/2020) sekira pukul 23.00 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun MitrakitaNews di lokasi kejadian dipicu permasalahan antara seorang warga dengan oknum TNI. Diantara kedua belah pihak terjadi pertengkaran,lalu warga memuukul oknum TNI itu.Tak terima diperlakukan seperti itu, oknum TNI bersama rekannya mencari warga yang memukul.
loading...
Tak ketemu setelah melakukan penyisiran, diduga tersulut emosi, sejumlah oknum TNI melakukan perusakan sejumlah rumah warga.
Melihat kondisi ini ratusan warga perotes minta ganti rugi atas perusakan sejumlah rumah  dan melakukan protes dengan membakar ban bekas di Jalinsum Damuli Palia Desa Gunung Melayu.
Aksi warga ini mengakibatkan lalu lintas macet. Sehingga kepolisian di daerah itu turun ke lokasi untuk mengamankan situasi dengan mengatur lalu lintas.

Salah seorang warga yang ikut aksi mengaku bermarga Sitompul menyebutkan akan terus melakukan aksi hingga Danki dari kesatuan itu menemui mereka guna membicarakan ganti rugi mengenai kerusakan rumah warga. (S Wijaya).

Berita Terkait
loading...
error: Content is protected !!