Disdukcapil Asahan Musnahkan 279 Keping KTP-EL

242

MITRAKITANEWS.COM, Asahan – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Asahan lakukan pemusnahan data invalid diantaranya KTP-EL dan Kartu Identitas Anak.

“Sebanyak 279 Keping KTP-EL dan 141 Kartu Identitas Anak (KIA) yang rusak atau invalid dengan cara membakar,” kata Kadisdukcapil Asahan, Supryanto, Jumat (8/01/2021).

Baca Juga :
Disdukcapil Simalungun Sosialisasi Pelayanan Secara Online

Pengakuan Warga di Medsos, Diduga Pungli Marak di Disdukcapil Kerinci

Ia menjelaskan bahwa rangka tertib administrasi dan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan, serta untuk menghindari penyalahgunaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) yang rusak atau invalid.

loading...

“Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Nomor 470.13/11176/SJ Tentang Penatausahaan KTP-EL Rusak atau Invalid,” pungkasnya.

Ia juga mengatakan bahwa sebelumnya Standar Operasional Prosedur (SOP) pemusnahan KTP-EL yang invalid atau rusak dengan cara melakukan pengguntingan.

Baca Juga :
Disdukcapil Simalungun Sosialisasi Pelayanan Secara Online

“Pemusnahan ini dibuat semata-mata untuk memberikan kepastian, jaminan dan pencegahan terjadinya penyalahgunaan KTP-el rusak atau invalid serta menimbulkan isu- isu yang kontraproduktif di masyarakat,” ungkap Supriyanto.

Mengakhiri penyampaiannya Supriyanto menegaskan bahwa hal ini dilakukan sebagai langkah-langkah pengamanan terhadap tempat-tempat penyimpanan atau gudang penyimpanan dokumen negara agar terhindar dari pencurian dan penyalahgunaan dokumen negara. (D. Erianda)

loading...
error: Content is protected !!