Disdukcapil Tubaba Bentuk Program Layanan Terintegrasi

79

MITRAKITANEWS.COM, Tulangbawang Barat – Dinas Kependudukan dan Catan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua masyarakat. Salah satunya melalui program layanan terintegrasi “All In One”.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kabupaten Tubaba, Drs. Ahmad Hariyanto, kepada wartawan, Rabu (27/1/2021) di ruang kerjanya.

“Layanan tersebut adalah salah satu program mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependukan, dan catatan sipil menjadi satu layanan,” ujar Ahmad.

Baca Juga :
Umar Ahmad Hadiri Acara PKS Antara Pemkab Tubaba Dengan BPJS Kesehatan

Batas Paket Pengadaan Untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil Akan Dinaikkan Menjadi 15 Miliar

Ditambahkan Amad, Ketika masyarakat ada yang mengurus kartu keluarga pada hari terdebut, mereka juga akan mendapatkan dukumen Akte kelahiran dan KTP elekttonik.

loading...

“Sepanjang dokumen belum tercetak dan persaratannya sudah terpenuhi. Sebab, nantinya KK tidak bisa dicetak jikalau dokumen anggota keluarga bersangkutan belum lengkap,” tambahnya lagi.

Lebih lanjut dijelaskannya, layanan terintegrasi ini dimunculkan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya melengkapi dokumen kependudukan. Sementara dalam jajaran pegawai Disdukcapil, ini menjadi acuan dalam bekerja proaktif.

Pelayanan ini, kata Ahmad, juga bisa dilayani secara online tanpa harus ke Disdukcapil dengan mengakses aplikasi e-smile. Dokumen apa yang akan diurus tinggal memasukkan persyaratannya ke dalam aplikasi ini.

Baca juga :
Wamendag Tinjau Pelaksanaan SRG Bawang Merah Dengan Teknologi CAS

“Dan, jika ada masyarakat yang datang ke kantor, mereka pun tidak harus bolak-balik mengurus dokumen kependudukan. Karena pada hari itu juga mereka mendapatkan semua pelayanan kependudukan. Tinggal siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebelum berangkat,” pungkas Ahmad.

Untuk menyukseskan pelayanan ini, terang Ahmad, Disdukcapil terus menggenjot kesiapan sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM) yang ada. “Sehingga program ini dapat berjalan dengan maksimal sesuai apa yang kita harapkan,” ungkapnya. (Zulkifli)

Berita Terkait
loading...
error: Content is protected !!