Diskominfo Tanjungbalai Gelar Webinar Pemulihan Ekonomi UMKM

131

MITRAKITANEWS.COM, Tanjungbalai – Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bersama Pemerintah Kota Tanjungbalai menggelar edukasi publik virtual bertajuk “Manfaat Pemulihan Ekonomi Nasional bagi UMKM di Masa Pandemi Covid-19”, Kamis (26/11/2020).

Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ini menghadirkan Narasumber Walman Riadi P Girsang selaku Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungbalai, Nedi Hamlet selaku Kepala Dinas Koperasi UKM dan Agustina Syafrina selaku moderator acara.

Dalam kesempatan tersebut Walman menjelaskan tentang peranan Dinas Kominfo Tanjungbalai dalam penanganan Covid-19.

“Sampai hari ini pelaksanaan Diskominfo Tanjungbalai berperan dalam memfasilitasi kegiatan Walikota, Wakil Walikota serta pejabat lainnya melalui penyediaan jaringan internet. Dikarenakan selama pandemi Covid-19, seluruh kegiatan pemerintahan dilaksanakan melalui zoom meeting. Oleh karena itu Diskominfo Tanjungbalai mensupport ketersediaan bandwith di seluruh OPD, guna memenuhi kebutuhan internet,” katanya.

Selama pandemi Covid-19 menyebar di Indonesia, Diskominfo Tanjungbalai terus memberikan berbagai informasi kepada masyarakat tentang apa itu Covid-19. Bagaimana cara penanganannya, serta berbagai hal yang harus dilakukan agar terhindar dari virus tersebut.

loading...

“Hal ini kami rasa perlu agar informasi yang beredar di masyarakat tidak simpang siur ataupun hoaks. Kita dalam gugus tugas penanganan Covid-19 Tanjungbalai diberikan tugas dalam menginformasikan berbagai langkah yang harus dan wajib dilakukan oleh masyarakat ditengah pandemi dan tentunya juga sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang disampaikan ke daerah,” jelasnya.

Walman mengatakan pihaknya tidak pernah berhenti menginformasikan tag line Covid-19 kepada masyarakat baik melalui media sosial dan Website Pemkot Tanjungbalai, seperti dari pemasangan baliho/spanduk, pembagian brosur dan selebaran agar masyarakat terus mendapat informasi yang up to date terkait perkembangan Covid-19 yang ada di Tanjungbalai.

“Kami wajib berkoordinasi, agar tidak menimbulkan masalah dibelakang hari. Misal dalam memfasiltasi jaringan internet bagi para siswa/i, para pelaku UMKM maupun bidang usaha lainnya,” tutupnya.

Sementara selaku Narasumber kedua, Nedi Hamlet mengatakan peluang usaha di Tanjungbalai cukup potensial terutama dalam bisnis online.

“Para pelaku UMKM Tanjungbalai yang mendapatkan bantuan sebagian telah beralih dari sistem konvensional ke digitalisasi. Peluang usaha online selama pandemi Covid-19 semakin menjanjikan. Hal inilah yang menjadi perhatian kami agar para pelaku usaha kecil dan menengah tidak gulung tikar bahkan saat ini lebih bergairah. Kami berharap para pelaku usaha di Tanjungbalai bertambah lagi semangatnya memanfaatkan peluang bisnis online,” ucap Nedi.

Dalam diskusi publik virtual tersebut juga dilakukan tanya jawab dengan para peserta.

“Pemkot Tanjungbalai akan selalu hadir dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terlebih pada situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini. Mari kita sama sama berjuang dan terus bersemangat melawan Covid-19 khususnya di Kota Tanjungbalai,” tutup kedua Narasumber. (Nisfu).

Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...