Festival Ketupat, Icon Desa Pekankamis

252

MITRAKITANEWS.COM, Indragiri Hilir – Masyarakat Desa Pekankamis Kecamatan Tembilan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau, mengagendakan Festival Ke dua Ketupat yang masih bulan syawal 1440 H.  Acara yang digelar pada hari Sabtu (29/6/2019) tersebut dikemas dengan suasana menarik.

Masyarakat Desa Pekankemis di Acara Festival Ketupat yang ke dua ini menciptakan nuansa berbeda sehingga benar- benar menghipnotis para penikmat kuliner ketupat khas tersendiri bagi desa tersebut.

M. Nazar Selaku Camat Tembilan Hulu dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pemuda dan olah raga (Dispora) Dan semua tamu undangan yang sempat hadir dan  kepada Kepala Desa Pekankemis yang mengadakan festival Kuliner Ketupat yang ke dua ini,

“Di Festival Ke dua ini benar- benar beda ini dari tahun sebelumnya serta ini merupakn budaya lokal yang layak di ikuti oleh desa lain,” cetusnya

Nazar juga meminta kepada Kadispora Inhil agar Festival Ketupat ini dapat menjadi agenda rutin serta menjadi salah satu objek wisata Kabupaten. Beliau juga berharap kegiatan ini nantinya dapat dianggarakan dalam APBD Indragiri Hilir.

loading...

Hal senada di sampaikan Kepala Desa Pekankamis, Misman, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membina persaudaraan, persatuan dan kekompakaan antar Dusun di Desa Pekankamis serta sumber pendanaan berasal dari swadaya masyarakat.

Misman menambahkan, dalam sambutan Kadispora Indragiri Hilir menyampaikan bahwa festival ketupat di Desa Pekankamis merupakan kearifan lokal yang diwariskan dan perlu dilestarikan.

“Tadi juga Kadispora Inhil saat memberikan sambutan berujar, Festival Ketupat Desa Pekankamis merupakan budaya kearifan lokal yang telah diwariskan secara turun temurun dan ini perlu kita lestarikan sehingga menjadi icon Desa Pekankamis,” kata Misman.

Lanjut Misman lagi, terkait penganggaran APBD untuk kegiatan festival kedepannya yang diminta oleh Camat dan Pemerintah Desa, Kadispora mengatakan hal tersebut belum bisa dilakukan.

“Kata pak kadis tadi untuk segi Anggaran yang di minta saya dan camat untuk di anggarkan di APBD dalam pengembangan pariwisata lokal kami belum memadai, tapi masyarakat tetap berusaha sendiri untuk membangun Desa, mengingat warga asli Pekankemis akan pulang apabila ada Festival di Desa tempatnya tinggal dan menambah event ini dapat meninambah penghasilan musiaman,” ujar Misman.

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi stand kuliner yang telah disediakan oleh panitia Festival untuk menikmati langsung ketupat khas Desa Pekankamis. Kemudian para tamu diberi kesempatan memberi penilaian kepada hidangan yang disajikan oleh warga yang mengikuti perlombaan.

“Kami bersama tamu undangan langsung  menuju stand yang kami sediakan untuk menikmati langsung Kuliner Ketupat Khas Desa kami, Dan dalam penilaian para tamu undangan menberikan penilaian kepada warga yang ikut lomba, untuk hadiah menarik sudah kami siapkan,” tutup Misman. (Ds)

loading...
Komentar
Sedang memuat...
error: Content is protected !!