LKM Gembira Salurkan Santunan Kepada 24 Lansia Dari Bagi Hasil Dana Bergulir

127

MITRAKITANEWS.COM, Asahan – Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) kabupaten Asahan melalui LKM Gembira Kelurahan Gambir Baru melaksanakan pembagian santunan sosial untuk para Lansia sebanyak 24 orang, Jumat (15/1/2021).

Pembagian santunan sosial ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial LKM Gembira bagi masyarakat miskin atau tidak mampu di kelurahan Gambir Baru. Adapun dana kegiatan ini bersumber dari bagi hasil kegiatan ekonomi bergulir pada tahun 2020.

LKM Gembira kelurahan Gambir Baru merupakan salah satu LKM/BKM kelurahan yang menjadi wilayah dampingan program KOTAKU kabupaten Asahan yang tetap concern dan intens di dalam menggulirkan kegiatan ekonomi bergulir sejak tahun 2008.

Baca Juga :
KOTAKU Asahan Gelar Diskusi Tematik BPM Livelihood Tahun 2020

Bupati Asahan Dukung Pelaksanaan Program KOTAKU Asahan

Tercatat, modal kegiatan ekonomi bergulir di kelurahan ini adalah Rp. 115.000.000,- yang bersumber dari dana APBN Program KOTAKU. Sampai dengan saat ini telah digulirkan sebesar Rp. 274.000.000,- kepada penerima manfaat berasal dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang tinggal di Kelurahan Gambir Baru dengan tingkat pengembalian pinjaman (Repayment Rate) mencapai 98,8%.

loading...

Dan setiap tahunnya secara rutin, LKM Gembira senantiasa melaksanakan kegiatan pembagian santunan sosial kepada masyarakat tidak mampu yang tinggal di Kelurahan Gambir Baru ini.

Julet Simanjuntak selaku Koordinator LKM Gembira Kelurahan Gambir Baru menyampaikan bahwa santunan sosial ini merupakan wujud kepedulian sosial dari LKM Gembira untuk meringankan beban kehidupan masyarakat tidak mampu. Karena pada awal mulai di gulirkan, kegiatan ekonomi bergulir ini bertujuan untuk membantu masyarakat tidak mampu di dalam memperoleh bantuan modal usaha dalam rangka mengembangkan usahanya.

Baca Juga :
Minggu Pagi, Bupati Asahan Lepas Gerak Jalan Santai BKM Mentari Sejahtera Kelurahan Dadi Mulyo

Program KOTAKU Asahan Sumbang Pengurangan Kumuh 15,1 Ha

“Dan menjadi komitmen di dalam tubuh LKM Gembira untuk senantiasa membantu masyarakat tidak mampu di kelurahan Gambir Baru melalui kegiatan santunan sosial yang berasal dari bagi hasil pelaksanaan ekonomi bergulir tersebut setiap tahunnya,” ujar Julet.

Ditambahkannya, untuk tahun ini, pelaksanaan santunan sosial yang dilakukan sangat spesial. Hal ini dikarenakan pada saat pandemi Covid-19. Sehingga, LKM Gembira pada pelaksanaan pembagian santunan sosial ini sekaligus mensosialisasikan pentingnya masyarakat untuk menjaga dirinya dan keluarganya agar tidak terkena Covid-19 melalui penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS).

Sementara itu, Amnizar selaku Manager UPK (Unit Pengelola Keuangan) kegiatan ekonomi bergulir LKM Gembira menyampaikan, selama tahun 2020, LKM Gembira rutin melakukan perguliran ekonomi bergulir kepada masyarakat tidak mampu. Dikatakan Amnizar, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mempertahankan usahanya agar tidak tutup sebagai dampak dari pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :
Foto : Suasana Acara Syukuran Masyarakat Jalan Pahat Kelurahan Dadimulyo Atas Pembangunan Program KOTAKU

Perkuat Peran KSM dan KPP BPM Livelihood 2020, KOTAKU Asahan Adakan Diskusi Tematik

Berita Terkait
loading...
error: Content is protected !!