Pantai Mada Oi Hodo Viral, Namun Luput Dari Perhatian Pemerintah

150

MITRAKITANEWS.COM, Dompu – Pantai Mada Oi Hodo merupakan salah satu pantai yang unik di Kabupaten Dompu. Pantai Mada Oi Hodo sangat viral bagi masyarakat Dompu-Bima yang akan pergi ke desa-desa di lereng Gunung Tambora atau sebaliknya di karenakan pantai ini merupakan tempat persinggahan sementara bagi masyarakat setempat.

Pantai Mada Oi Hodo dalam bahasa Indonesia di sebut Pantai Mata Air Hodo terkenal dikarenakan pantai ini selain memanjakan mata akan pasir hitamnya yang terhampar sepanjang pantai. Disana juga muncul mata air tawar yang mengalir deras tanpa kering sepanjang tahun.

Pantai Mada Oi Hodo berada di Dusun Hodo Desa Sori Tatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah salah satu pantai yang wajib disinggahi ketika ada wisatawan atau masyarakat yang berpergian dari Dompu ke Tambora atau sebaliknya karena pantai ini tepat berada di tengah wilayah keduanya.

Awalnya pantai Mada Oi Hodo ini tenar namun akhir-akhir ini ketenaran pantai ini ternodai oleh kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

loading...

Disana sini berserakan sampah plastik, botol bekas, kertas dan lain sebagainya yang umumnya sulit diuraikan oleh alam sehingga menambah noda untuk pantai indah ini.

Terlihat di pinggir pantai hanya ada tempat sampah yang sudah tidak layak pakai terbuat dari drum sehingga itulah yang memicu masyarakat yang berkunjung untuk membuang sampah sembarangan.

Himbauan dari pemerintah terkait dalam hal ini dinas kebudayaan dan pariwisata juga sudah tidak terurus sehingga perlu diganti supaya bisa dijadikan rujukan dan acuan bagi masyarakat agar sadar dan tidak membuang sampah sembarangan.

Himbauan Pemerintah di Pantai Oi Hodo terlihat tidak terurus.

Pantai Mada Oi Hodo ini pula merupakan pantai yang banyak dihuni oleh kerbau peliharaan masyarakat setempat sehingga menambah keunikan pantai yang viral ini.

Berkunjung ke Pantai Mada Oi Hodo ini tidak memakai biaya parkir dan lain sebagainya. Sehingga kita tidak perlu takut untuk merogok kantong terlalu dalam. Semua bebas menikmati alam pantai Mada Oi Hodo namun kebersihan harus tetap diutamakan.

Agar menambah cantik pantai ini sekiranya pemerintah harus menyediakan tempat sampah dan membangun fasilitas pendukung serta menyediakan tempat pembuangan akhir supaya masyarakat yang berkunjung tidak lagi membuang sampah sembarangan karena pantai Mada Oi Hodo ini sudah termasuk ke dalam Geosite Tambora oleh Balai Taman Nasional Tambora (BTNT). (Rafidin)

Berita Terkait
loading...
Komentar
Sedang memuat...
error: Content is protected !!