Pembangunan Irigasi Wai Gemol Tidak Sesuai, LSM LIPAN Turunkan Tim Investigasi

330

MITRAKITANEWS.COM, Lampung Tubaba – LSM LIPAN menurunkan tim investigasi ke lokasi pembangunan irigasi Wai Gemol, Senin (15/7/2019). Hal ini terkait pembangunan irigasi yang menelan biaya Rp 4,7 miliar pada tahun 2018 itu diduga tidak sesuai bestek yang telah direncanakan.

Setibanya di lokasi, Tim dari LSM LIPAN terkejut melihat saluran yang tidak berfungsi. Dari amatan tim, seharusnya air masuk ke saluran irigasi guna mengairi sawah masyarakat, namun fakta di lapangan, air tidak dapat masuk dikarenakan pintu air yang tinggi, sehingga air hanya tertampung (mengendap-red).

Lidya, salah satu anggota tim investigasi yg turun mengatakan, dari pengamatan di lokasi, tim menilai bangunan saluran juga dibangun asal jadi dan kurang berkualitas.

“Begitu pula saluran irigasi nya. Diduga adukan semennya tidak maksimal. Alhasil dikhawatirkan akan rusak kembali,” ujarnya.

Lidya menambahkan, dengan kondisi bangunan yang ada, tim akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan penegak hukum.

Masih menurut Lidya, atas kondisi pekerjaan pembangunan saluran irigasi Wai Gemol yang asal jadi, baik pihak CV Bujung Pering selaku pelaksana maupun PPK harus bertanggung jawab.

Akibat tidak berfungsinya saluran tersebut, masyarakat pemilik sawah merasa dirugikan. (Bambang/Red)

Berita Terkait
loading...
error: Content is protected !!