Pemkab Asahan Masih Standby Menanti Vaksin Covid-19

232

MITRAKITANEWS.COM, Asahan – 40.000 vaksin Covid-19 telah sampai di Sumatera Utara pada hari Selasa, 5 Januari 2021. Sedangkan alokasi untuk Kabupaten Asahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menyatakan belum dapat memastikan jumlah alokasi vaksin yang akan diterima oleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

Hal tersebut dikatakan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Saprin Sanja Hutahean, saat dimintai keterangan oleh MitrakitaNEWS di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga :
Vaksinasi Covid-19 Di Sumut Direncanakan mulai 14 Januari 2021

Kadis Kominfo Asahan: 6 Warga Asahan Sembuh Covid-19

“Kita masih menanti vaksin COVID-19. Dan belum ada surat dari Kementerian Kesehatan RI terkait berapa jumlah vaksin yang bakal diterima pada masing-masing daerah,” kata Saprin.

Ditambahkannya, pihak Dinkes Asahan belum menerima petunjuk teknis (juknis) terkait vaksin Covid-19, baik dari mekanisme maupun peruntukannya.

loading...

“Belum ada juknis. Kita masih menunggu juknis. Mekanisme seperti apa, terus jumlah (vaksin) dan peruntukan, untuk itu kita belum tau,” ujar Saprin.

Walaupun belum ada juknis dari Kemenkes, lanjut Saprin, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk vaksinasi. Mereka juga telah mempersiapkan tim untuk melakukan vaksinasi terhadap masyarakat.

“Persiapan yang dilakukan saat ini seperti sosialisasi ditengah masyarakat terkait kegunaan dan manfaat vaksin. Kami juga mempersiapkan SDM dan tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi,” jelasnya.

Baca Juga :
40.000 Vaksin Covid-19 Tiba di Sumut, Vaksinasi Mulai 14 Januari

Soal Isu Pembuatan SIM Gratis, Ini Penjelasan Satlantas Polres Asahan

Saat ditanya prioritas yang akan di vaksin, Saprin mengungkapkan bahwa sasaran utama nanti untuk vaksinasi yaitu Petugas Medis khususnya di Rumah Sakit dan Puskesmas.

Ia juga berharap agar masyarakat yang saat ini masih menanti dan menunggu vaksin tersebut agar sabar, sebab ketika vaksin tersebut tiba di Asahan maka akan lansung berikan.

“Saat ini upaya kita lakukan ia sosialisasi penyebaran COVID-19,” tegasnya.

Dikabarkan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan akan menerima vaksin COVID-19 tersebut tepatnya di bulan Februari menadatang. (Umam)

Berita Terkait
error: Content is protected !!