Piala Dunia 2018 : Perancis Kembali Angkat Trofi Setelah 20 Tahun Menanti

397

MITRAKITANEWS.COM, Rusia – Perancis akhirnya kembali mengangkat trofi Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah 20 tahun lalu berhasil meraih trofi yang sama. Penantian selama 20 tahun itu berbuah manis setelah Hugo Lloris dkk berhasil menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2 pada laga final, Minggu (15/7/2018) di stadion Luzhniki.

Disaksikan 78011 pasang mata yang memadati stadion Luzhniki, anak asuh Didier Deschamps unggul lebih dahulu setelah Mario Mandzukic memasukkan bola ke gawang sendiri karena salah mengantisipasi umpan Griezmann pada menit ke-18.

Berselang 10 menit kemudian, fans Kroasia bersorak setelah Ivan Perisic berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol berawal setelah umpan kepala Mario Mandzukic diteruskan Domagoj Vida kepada Ivan Perisic, kemudian Perisic menarik bola ke kiri dan menendang dengan keras menjebol gawang Hugo Lloris.

Tidak menunggu lama, Perancis kembali menggandakan keunggulan melalui titik putih pada menit ke-38 setelah wasit menyatakan Ivan Perisic menyentuh bola dengan tangannya di area terlarang . Eksekusi diambil oleh Antoine Griezmann dan berhasil memperdayai kiper Kroasia, Danijel Subasic. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Perancis.

Tertinggal 2-1, Kroasia mencoba mengejar ketinggalan, namun sampai peluit akhir babak pertama dibunyikan, skor tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Kroasia langsung menekan pertahanan Perancis, namun bukan malah berhasil menyamakan kedudukan, gawang Kroasia kembali kebobolan untuk ketiga kalinya pada menit ke-59 melalui tendangan keras Paul Pogba. Gol bermula dari Kylian Mbape yang menggiring bola di sisi kanan pertahanan Kroasia dan mengoper bola ke Antoine Griezmann yang berada di dalam kotak penalti, kemudian Griezmann menyodorkan bola kepada Pogba yang berdiri bebas diluar kotak penalti dan menendang keras menjebol gawang Kroasia.

Tertinggal 3-1, Kroasia semakin gencar menyerang pertahanan Perancis, namun beberapa percobaan berhasil dipatahkan oleh pertahanan Perancis yang bermain disiplin.

Pada menit ke-65, Kylian Mbape berhasil membawa Perancis unggul 4-1 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti. Gol yang berawal dari umpan Lucas Hernandez itu membuat Stadion Luzhniki kembali bergemuruh.

Kroasia berhasil memperkecil ketertinggalan setelah kiper Perancis melakukan kesalahan saat menerima umpan dari Samuel Umtiti. Kesalahan berawal ketika Umtiti melakukan passing ke Lloris, dan kapten Perancis itu berupaya mengecoh Mario Mandzukic yang datang mengejar bola. Bukannya terkecoh, penyerang bernomor punggung 17 itu berhasil menyentuh bola dan meluncur masuk ke gawang Perancis. Skor kembali berubah menjadi 4-2.

Kedua tim saling jual beli serangan di sisa waktu babak kedua, namun sampai peluit panjang dibunyikan, skor 4-2 untuk Perancis tetap bertahan.

Perancis Juara Piala Dunia 2018
Pemain Perancis Merayakan Kemenangan Sebagai Juara Piala Dunia 2018

Kemenangan atas Kroasia itu menjadikan Perancis sebagai kampiun Piala Dunia 2018 di Rusia. Sebelumnya Perancis juga berhasil menjadi juara dunia pada Piala Dunia tahun 1998 di Perancis.

Selain itu, kemenangan ini juga menjadikan pelatih Perancis Didier Deschamps sebagai orang pertama yang berhasil mengangkat trofi Piala Dunia sebagai pemain pada tahun 1998 dan sebagai pelatih pada tahun 2018. (AdyP)

Berita Terkait
loading...
error: Content is protected !!