PKK Tanjungbalai: Ketahanan Pangan Kunci Hadapi Pandemi dan Pulihkan Ekonomi

75

 

MITRAKITANEWS.COM, Tanjungbalai – Tim Penggerak PKK Kota Tanjungbalai mendorong peningkatan ketahanan pangan daerah dan keluarga sebagai solusi kunci menghadapi pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan ekonomi lokal.

Hal ini dikatakan Ketua PKK Kota Tanjungbalai Sri Silvisa Novita M Syahrial saat turut mendampingi Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial dalam kegiatan panen padi perdana di Kampung Tangguh Sijambi, Tanjungbalai, Selasa (9/3/2021).

“Ketahanan pangan tidak hanya terkait pemenuhan kebutuhan tubuh pada setiap jiwa di keluarga, tapi juga berkaitan erat dengan bagaimana ekonomi lokal bergerak, karena besarnya kontribusi sektor pertanian ke perekonomian daerah,” ujar Ketua PKK Tanjungbalai Sri Silvisa Novita M Syahrial pada MKN.

Wanita yang akrab disapa Vita itu menjelaskan, ketahanan pangan berdimensi pada dua hal. Pertama, kemampuan daerah menjaga produktivitas sektor pertanian. Kedua, kemampuan masyarakat untuk mengakses bahan pangan.

loading...

“Artinya, ada faktor supply and demand. Dan itu berkaitan dengan soal kesejahteraan tiap-tiap rumah tangga. Ini penting diperhatikan agar pandemi Covid-19 bisa kita lewati dengan baik, sekaligus upaya pemulihan ekonomi bisa cepat dilakukan karena sebagian besar pelaku usaha lokal bergerak di sektor pertanian dengan berbagai subsektor dan turunannya,” papar Vita.

Vita juga mengungkapkan perlunya kewaspadaan karena organisasi dunia seperti Food and Agriculture Organization (FAO) mengingatkan adanya potensi krisis pangan baru yang mempengaruhi ketahanan pangan suatu wilayah di masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya PKK Tanjungbalai juga turut mendorong sejumlah langkah untuk membangun ketahanan pangan keluarga. Misalnya sayuran dengan masa panen singkat. PKK Tanjungbalai telah membagikan hasil tanaman Hidroponik kepada para masyarakat luas untuk mendukung ketahanan pangan keluarga dan memfasilitasi pemanfaatan lahan pekarangan sebagai salah satu solusi pangan mandiri, termasuk budidaya ikan.

Vita mengajak seluruh kader PKK memprioritaskan pembelian bahan pangan lokal demi meningkatkan kesejahteraan pelaku pertanian.

“Program-program kolaboratif semacam kerja gotong royong adalah kunci menjaga sistem ketahanan pangan daerah,” terangnya.

Diketahui Kampung Tangguh Sijambi yang berlokasi di Jalan Cermai Lingkungan V Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai merupakan lahan bercocok tanam padi yang diharapkan Pemkot Tanjungbalai bisa menunjang kelangsungan lumbung pangan di masa pandemi Covid-19 yakni menunjang kebutuhan atau membantu masyarakat yang membutuhkan. (NISFU).

Berita Terkait
loading...
error: Content is protected !!