Pos Covid-19 di Perbatasan Aceh-Sumut Ditutup

86

MITRAKITANEWS.COM, – Kualasimpang – Posko pengawasan Covid-19 di perbatasan Aceh Tamiang dan Sumatera Utara (Sumut), resmi ditutup terhitung sejak Kamis (10/12/2020) pukul 23.59 WIB.

Keputusan tersebut berdasarkan pengajuan oleh Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, selaku Ketua dalam Satgas Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang kepada Gubernur Aceh dengan Nomor : 440/5968 pada 08 Desember 2020.

Sekretaris Satgas Covid-19 Aceh Tamiang, Syahri mengatakan, Surat pengajuan tersebut dikeluarkan atas beberapa dasar. Hal yang paling mendasar terletak pada bantuan anggaran untuk personel yang menjaga pos perbatasan.

“Dengan ditutupnya posko ini, maka arus kendaraan baik yang masuk maupun ke luar Aceh akan kembali normal, artinya tidak ada lagi pemeriksaan,” jelas Syahri.

Sebelumnya posko yang berada di areal Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Seumadam ini didirikan untuk mengawasi dan memeriksa surat kesehatan bebas COVID-19 bagi penumpang atau warga yang datang dari luar masuk ke Aceh.

loading...

Posko tersebut didirikan beberapa bulan lalu untuk mengimplementasikan penerapan surat edaran Gubernur Aceh Nomor 440/10863 tahun 2020 tentang pengetatan penjagaan perbatasan Aceh.

Syahri juga menjelaskan, penutupan posko tersebut bersifat sementara dan akan terus dievaluasi sesuai perkembangan kasus Covid-19.

Menurutnya, walaupun posko tersebut ditutup, pemerintah tetap melakukan himbauan ke kampung-kampung agar selalu melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Sesuai arahan, untuk saat ini masing-masing daerah harus fokus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam yang sedang terjadi. Tapi, bukan berarti Covid-19 kita kesampingkan,” tutupnya. (Syahmi).

 

Berita Terkait
error: Content is protected !!