PT. KKJ Buang Limbah Ke Sungai, Warga Marah Karena Tak Dapat Gunakan Air

406

MITRAKITANEWS.COM, Mempawah – PT Kalimantan Kelapa Jaya (PT KKJ) yang berada di Desa Nusapati, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, membuang limbah pengolahan ke sungai. Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kelapa itu disinyalir dengan sengaja membuang limbah produksi yang berbau busuk langsung ke sungai menggunakan pipa PVC.

Akibat pembuangan limbah itu, air disepanjang aliran sungai berubah warna dan berbau tak sedap akibat pencemaran dari limbah yang dibuang oleh PT KKJ. Hal ini memicu kemarahan warga karena tidak dapat menggunakan air sungai yang biasa digunakan sehari-hari oleh warga sekitar.

Kondisi Air Sungai
Kondisi Permukaan Air Sungai Akibat Pencemaran PT. Kalimantan Kelapa Jaya (Foto : Hendy)

Karena tidak terima, warga Desa Nusapati beramai-ramai mendatangi PT. KKJ untuk meminta pertanggungjawaban atas pencemaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, dan meminta solusi agar sungai dapat kembali digunakan oleh warga sekitar.

Namun permintaan warga tidak digubris oleh pihak manajemen perusahaan, hingga akhirnya pada Sabtu (13/7/2019) sekitar pukul 16:00 wib, warga kembali mendatangi perusahaan untuk menutup secara paksa saluran pembuangan limbah tersebut. Akibat aksi warga, sempat terjadi keributan antara warga dan manajemen perusahaan PT. KKJ.

Setelah ketegangan meredam, pihak perusahaan meminta warga agar bersabar dan meminta waktu untuk membenahi kesalahan tersebut. Namun warga menolak, karena menurut warga, hal tersebut sudah sering dipermasalahkan, tetapi tidak ada tindak lanjut dari pihak perusahaan.

Pj. Kepala Desa Nusapati, Rahman, menjelaskan kepada MitrakitaNEWS, pembuangan limbah yang dilakukan PT. KKJ kerap sering terjadi dan memicu protes warga Nusapati.

“Hal ini sudah sering terjadi, namun tanggapan pihak perusahaan seperti biasa-biasa saja, sampai saat ini warga sudah tak mau sabar lagi dan meminta masalah tersebut segera diatasi,” ujarnya.

Rahman juga berharap, Pemerintah Kabupaten Mempawah, khusunya dinas terkait turun tangan untuk menyelesaikan masalah pencemaran yang dilakukan PT. KKJ.

“Saya dan warga berharap pihak terkait juga harus turun tangan dalam masalah ini, agar tak ada lagi pro kontra antara warga dan pihak perusahaan sehingga warga setempat dapat menerima dengan baik dan dapat bekerja sama,” harapnya.

Sementara itu, pihak perusahaan enggan berkomentar saat dikonfirmasi langsung oleh MitrakitaNEWS. (HenP)

Berita Terkait
loading...
error: Content is protected !!