Syahrial Pastikan Pemkot Tanjungbalai Sigap Bantu Korban Banjir

856

MITRAKITANEWS.COM, Tanjungbalai – Banjir yang melanda sebagian besar daerah di Sumatera Utara, membuat kepala daerah yang terdampak banjir memastikan kesigapan pemerintahan nya untuk berkomitmen membantu penduduk yang mengalami musibah bencana tersebut.

Tak terkecuali di kota kerang Tanjungbalai, Walikota Muhammad Syahrial memerintahkan jajarannya untuk bahu-membahu membantu warga yang terdampak atas musibah banjir yang terjadi di penghujung tahun ini.

“Pemko Tanjungbalai sudah mengambil sikap dengan berkoordinasi dengan semua Institusi terkait. Ini komitmen dan tanggung jawab kami untuk turun tangan dan cepat merespon,” kata Syahrial dalam keterangan resminya saat melakukan kunjungan pada salah satu daerah terdampak banjir di kota Tanjungbalai, Senin (7/12/2020).

Syahrial mengatakan pihaknya telah mendirikan pos klinik kesehatan sekaligus posko siaga bencana pengaduan masyarakat di 2 titik lokasi daerah yang terdampak banjir yakni Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur. Menurutnya, posko itu dibuka untuk memudahkan petugas dalam memberikan bantuan serta menjadi tempat pengaduan masyarakat terkait kesehatan dan situasi yang tidak bisa diprediksi beberapa hari kedepan.

“Pendirian pos kesehatan dan siaga bencana dilakukan mengingat perkembangan cuaca ekstrem atau curah hujan tinggi beberapa hari ini. Kita akan antisipasi segala kemungkinan yang terjadi,” jelasnya kepada mitrakitanews.com.

loading...

Syahrial mengintruksikan seluruh jajarannya dari Camat Lurah hingga Kepala Lingkungan, untuk langsung turun tangan mendata warga terdampak banjir agar segera mendapatkan bantuan.

“Saya berharap kesiapsiagaan petugas, terutama jika intensitas curah hujan tinggi agar siap berjaga. Saya meminta semua melakukan pengawasan, pemantauan dan antisipasi dititik lokasi rawan banjir yang menjadi pintu masuk air,” pintanya.

Walikota termuda se-Indonesia itu juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan segera mengungsi bila menghadapi kondisi yang bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Pantauan mitrakitanewscom, Syahrial tiba di lokasi banjir, Senin (7/12/2020), pukul 09.03 WIB. Syahrial tampak memakai seragam dinas dan topi hitam.

Sesampai di lokasi, Syahrial langsung menuju salah satu rumah terdampak banjir yakni ibu Tumiyem salah satu warga lingkungan VI, Kelurahan Gading. Kemudian ia dan rombongan langsung melakukan peninjauan ke beberapa titik lokasi banjir yang berada di Kelurahan Pahang

“Kami melihat ada halaman rumah penduduk yang kedalaman airnya sudah mencapai 35 Cm. Jika mereka terkena penyakit gatal-gatal, diare dan lainnya akibat banjir itu, agar segera melapor ke posko kita,” tandasnya. (Nisfu).

Berita Terkait
Komentar
Sedang memuat...