Wisata Gunung Bromo Di Buka Kembali, Pengunjung Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Dan Mendaftar Online

224

MITRAKITANEWS.COM –Probolinggo
Sekian lamanya, wisata Gunung Bromo ditutup karena pandemi Covid-19. Namun, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sudah dibuka dan mulai beraktivitas kembali, Jumat (28/8/2020).

Dalam hal ini, wisata Bromo tutup untuk mencegah penyebaran Covid-19 sejak pertengahan Maret 2020.

Humas BB-TNBTS Sarif Hidayat mengatakan, wisata Gunung Bromo di buka kembali setelah mendapat rekomendasi dari empat kepala daerah. Yaitu, Bupati Probolinggo, Bupati Malang, Bupati Pasuruan, dan Bupati Lumajang.

”Wisata Gunung Bromo dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pembelian tiket via online, sampai batasan pengunjung maksimal hanya 20 persen dari kapasitas,” katanya.

Selain itu, sejumlah persyaratan juga ditetapkan pada pengunjung. Di antaranya, harus dalam kondisi sehat dengan menunjukkan surat keterangan sehat atau bebas ISPA (inspeksi saluran pernapasan akut) dari dokter. Usia pengunjung juga dibatasi, mulai 14 sampai 60 tahun. Sementara anak-anak di bawah 14 tahun dan warga di atas 60 tahun, tidak diperkenankan masuk.

“Syarat protokol kesehatan yang diterapkan memang sangat ketat. Itu, sebagai upaya menjaga dan mencegah terjadinya penyebaran virus korona di wisata Bromo,” terangnya.

Selain itu, jumlah pengunjung dibatasi. Yaitu, 20 persen dari kuota pada kondisi normal. Angka 20 persen pengunjung itu dibagi di setiap destinasi.

Di site Pananjakan, Kabupaten Pasuruan, 178 orang per hari; site Bukit Cinta, Kabupaten Pasuruan, 28 orang per hari; site Bukit Kedaluh, Kabupaten Pasuruan, 86 orang per hari. Lalu, site Sabana Teletubbies, Kabupaten Probolinggo, 347 orang per hari dan site Mentigen, Kabupaten Probolinggo, 100 orang per hari.

”Dengan pembelian tiket via online, akan diketahui jumlah pengunjung yang akan masuk tiap harinya. Jika sudah capai 20 persen, tiket online tidak melayani untuk hari yang sudah penuh itu,” terangnya. (Andrean Masrofie).

Komentar
Sedang memuat...
error: Content is protected !!